Sukses

MotoGP Jepang Momentum Vinales untuk Kejar Marquez

Liputan6.com, Tokyo - Maverick Vinales mendapat sambutan hangat saat tiba di Tokyo menjelang balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (15/10/2017). Kehadiran penggemar bertujuan untuk memberi dukungan kepada pembalap berjuluk Top Gun tersebut, yang tengah berjuang merebut gelar juara MotoGP pertamanya di tahun ini.

Vinales dikabarkan sedang dalam kondisi fisik yang bagus, mengingat ia sudah mengisi ulang baterai setelah libur dua pekan usai menjalani balapan MotoGP di Aragon. Pembalap Movistar Yamaha itu saat ini menempati posisi ketiga klasemen dengan raihan 196 poin atau tertinggal 28 angka dari pimpinan klasemen, Marc Marquez.

Peluang Vinales merebut gelar juara dunia sebenarnya masih terbuka lebar. Pasalnya, masih ada 100 poin tersisa yang bakal diperebutkan pembalap di empat balapan terakhir.

Berbicara mengenai persiapan, Vinales tidak perlu mengkhawatirkan performanya karena Sirkuit Motegi bisa dikatakan sudah akrab. Sejak pembalap Spanyol tersebut memulai karier balap di ajang grand prix balap motor pada 2011, dia telah mengoleksi podium di Motegi sebanyak empat kali.

Dua podium ketiga didapat Vinales saat masih bergabung di kelas Moto3, yakni pada 2012-2013. Sementara di kelas Moto2, ia memperbaiki posisinya dengan berada di tempat kedua pada 2014.

Sedangkan di kelas utama MotoGP, Vinales hanya mampu merebut tempat ketiga dan itu terjadi di tahun lalu. Meskipun belum pernah memenangkan balapan di Sirkuit Motegi, setidaknya Vinales sangat kompetitif.

Vinales tentu berharap bisa tampil kompetitif pada MotoGP Jepang dan meraih 25 poin untuk menjaga jarak dari Marquez. "Grand Prix berikutnya, yang diadakan di Jepang, sangat spesial bagi saya, karena ini adalah salah satu trek favorit saya di musim ini dan juga merupakan balapan kandang Yamaha," kata Vinales seperti dikutip dari laman resmi Yamaha, Kamis (12/10/2017).

1 dari 2 halaman

Jaga Peluang

Meski tidak mudah bagi Vinales bisa merebut podium di Jepang, ia akan berusaha untuk melakukan pekerjaan yang baik demi menjaga peluangnya merebut gelar juara MotoGP. Dirinya yakin, dukungan dari penggemar akan memudahkannya untuk meraih kemenangan.

"Saya berharap bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan bisa mengumpulkan lebih banyak poin untuk kejuaraan. Yang penting untuk terus berjuang meraih gelar. Untuk balapan berikutnya, kami harus mencoba untuk bekerja lebih dari biasanya karena kami harus terus berjuang serta bekerja dengan motivasi tinggi," ujarnya.

"Kami harus terus berjuang dan bekerja dengan motivasi tinggi, meski tidak akan mudah menyelesaikan bagian terakhir dari musim dan menjembatani kesenjangan antara pemimpin kejuaraan, saya akan berusaha bekerja lebih keras lagi. Saya tiba di Jepang dengan tujuan untuk belajar dan menjadi lebih kuat. Saya yakin, dengan dukungan penggemar luar biasa di Sirkuit Motegi, kami akan memberikan 100%," pungkas Vinales. (David Permana)

Artikel Selanjutnya
Marquez Tak Berani Pasang Target Juara MotoGP San Marino
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Dovizioso Sebut Marquez Pembalap Spesial