Sukses

Terserang Virus, Pembalap Yamaha Absen di MotoGP Jepang

Liputan6.com, Motegi - Kabar buruk menghampiri Yamaha Tech 3. Salah satu pembalap mereka, Jonas Folger dipastikan absen pada MotoGP Jepang. 

Pebalap MotoGP asal Jerman itu tak bisa ikut balapan karena diduga terserang Epstein-Barr Virus (EBV). Situs Crash pada Kamis (12/10/2017) melaporkan Folger merasakan salah satu tanda seseorang terserang EBV, yaitu tubuh terasa lelah. 

Priaberusia 24 tahun itu telah menjalani pemeriksaan medis di Clinica Mobile Sirkuit Motegi pada hari ini dan tim dokter merekomendasikan Folger mundur dari balapan.

Yamaha Tech 3 mengumumkan Folger akan langsung pulang ke Jerman. Setibanya di Jerman, dia segera menjalani rangkaian tes medis lanjutan di Munich.

"Saya merasa sangat lemah sejak seri Misano dan Aragon. Setibanya di Jepang, saya kesulitan menjaga level energi saya, bahkan saya sampai tak bisa keluar hotel," kata Folger seperti dikutip dari Motorsport.

"Saya menemui Herve (Poncharal) pada Rabu malam dan kami sepakat untuk mengecek kondisi saya dengan dokter pada pagi ini. Saya bertemu Dr Charte dan tim dari Clinica Mobile. Mereka lantas menyarankan saya segera pulang ke Jerman untuk melakukan tes darah. Saya pernah terserang EBV dan ada kemungkinan kambuh lagi. Namun, semua belum pasti sampai saya melakukan tes di Munich," ujar Folger.

Folger menjadi pebalap reguler kedua yang absen pada MotoGP Jepang setelah Jack Miller (Marc VDS Honda). Miller melewati balapan di Motegi karena mengalami patah kaki saat berlatih menggunakan motor trial.

Partisipasi Folger pada dua balapan berikutnya di Australia dan Malaysia juga masih diragukan. Bos tim Yamaha Tech 3 Herve Poncharal kepada Motorsport mengatakan Folger 99 persen tak akan ikut balapan di Phillip Island.

Tanpa Folger, Yamaha Tech 3 hanya akan menurunkan satu pebalap pada MotoGP Jepang, yaitu Johann Zarco. Namun, situs Motorsport edisi Spanyol mengklaim Tech 3 menunjuk pebalap penguji kedua Yamaha asal Jepang, Kohta Nozane, sebagai pengganti Folger di Motegi.

Menurut Crash, absennya Folger memastikan gelar Rookie of the Year MotoGP 2017 secara virtual menjadi milik Zarco. Pencapaian terbaik Folger dan Zarco pada musim ini adalah finis kedua. Namun, Folger masih tertinggal 33 poin dari Zarco dengan empat seri tersisa, termasuk MotoGP Jepang.

Artikel Selanjutnya
5 Fakta Menarik Jelang MotoGP San Marino Tanpa Rossi
Artikel Selanjutnya
Rossi Absen, Vinales Jadi Pembalap Tunggal di Misano