Sukses

Ini 3 Tim Juara Konfederasi yang Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 telah selesai digelar. Sebanyak 23 negara sudah memastikan tiket lolos ke putaran final tahun depan di Rusia.

Dari seluruh tim yang lolos otomatis, Islandia dan Panama datang sebagai debutan. Sementara nasib nahas dialami tiga juara bertahan turnamen konfederasi, yakni Kamerun, Amerika Serikat, dan Chile.

Kamerun gugur di laga penentu putaran ketiga di Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika. Juara bertahan Piala Afrika 2017 tersebut hanya bermain imbang saat menjamu Nigeria, Senin (4/9/2017) atau Selasa pagi WIB.

Di sisi lain, Amerika Serikat lebih sial lagi. The Yanks gagal lolos untuk pertama kalinya sejak 1986 lantaran kalah dari Trinidad dan Tobago 1-2 pada Rabu (11/10) lalu.

Pencapaian striker 19 tahun AS, Christian Pulisic menjadi sia-sia di fase kualifikasi ini. Sebab Pulisic berhasil menjadi top scorer di Zona CONCACAF dengan koleksi lima golnya.

Jika AS punya Pulisic, penikmat sepak bola dunia juga akan kehilangan aksi bintang Chile Alexis Sanchez tahun depan. Ya, Chile--juara Copa Amerika, gagal ke Piala Dunia 2018 karena hanya menempati peringkat enam zona CONMEBOL.

Redaksi kanal Bola Liputan6.com bakal mengulas kegagalan tiga tim besar ini lebih lengkap. Mulai dari sepak terjang di turnamen konfederasi sampai Piala Dunia. Berikut ulasannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

1 dari 4 halaman

Kamerun

Kamerun merupakan juara lima kali Piala Afrika. Gelar terakhir yang didapat Les Lions Indomptables didapat pada 2017 megalahkan Mesir 2-1 di partai final.

Kamerun gagal lolos ke Piala Dunia 2018 usai ditahan imbang Nigeria 1-1, Senin (4/9/2017) atau Selasa pagi WIB. Gol susulan striker FC Porto Vincent Aboubakar tetap tak mampu mengangkat timnya ke posisi puncak klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona AFC (Afrika).

 

2 dari 4 halaman

Amerika Serikat

Kegagalan Amerika Serikat ke Piala Dunia 2018 merupakan kejutan karena tim ini merupakan favorit juara di babak kualifikasi zona CONCACAF. AS gagal ke putaran final usai kalah 1-2 dari Trinidad dan Tobago, Rabu (11/10).

Juara lima kali Piala Emas CONCACAF tersebut sebetulnya cukup bermain imbang agar lolos ke babak play-off. Sayang, AS malah terhenti karena tim juru kunci Trinidad dan Tobago.

Kekalahan tersebut membuat The Yanks melorot ke peringkat kelima klasemen akhir dengan torehan 12 poin. Mereka juga gagal ke Piala Dunia pertama kalinya sejak 1986.

Pencapaian striker 19 tahun AS, Christian Pulisic juga menjadi sia-sia di fase kualifikasi ini. Sebab Pulisic berhasil menjadi top scorer di Zona CONCACAF dengan koleksi lima golnya.

 

3 dari 4 halaman

Chile

Chile gagal ke Piala Dunia 2018 usai kalah dari Brasil 0-3 di laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, Selasa (10/10) atau Rabu pagi WIB. Hasil ini membuat mereka terlempar ke posisi enam, di luar batas akhir zona play-off.

Kegagalan Chile merupakan kejutan karena tim ini difavoritkan melangkah ke putaran final dengan mudah berstatus juara Copa Amerika dalam dua edisi terakhir. Selain itu, La Roja keluar sebagai runner-up pada event pemanasan Piala Dunia, yakni Piala Konfederasi.

Artikel Selanjutnya
AFC Bangga Korsel-Arab Saudi Lolos Piala Dunia 2018
Artikel Selanjutnya
8 Negara Lolos ke Piala Dunia 2018, Suriah Selangkah Lagi