Sukses

3 Calon Pemenang Ballon d'Or 2017

Liputan6.com, Madrid - Majalah France Football sepanjang Senin (9/10/2017) lalu secara bertahap mengumumkan kandidat peraih Ballon d'Or 2017. Total ada 30 pemain yang menjadi nominasi penghargaan bergengsi tersebut.

Pemenang Ballon d'Or tahun lalu, Cristiano Ronaldo, masuk dalam nominasi tersebut. Selain itu, ada megabintang Barcelona Lionel Messi.

Seperti diketahui, Ronaldo dan Messi secara bergantian keluar sebagai pemenang dalam sembilan edisi sebelumnya. Ronaldo tercatat sudah empat kali, sedangkan Messi lima kali.

Liga Spanyol mendominasi daftar calon peraih Ballon d'Or 2017, yakni 11 pemain. Sementar Liga Inggris hanya diwakili tujuh pemain, disusul Liga Italia (5), Ligue 1 Prancis (4), dan Bundesliga Jerman (3).

Pengumuman pemenang Ballon d'Or akan dilakukan pada Desember 2017. Tetapi media Spanyol, Marca, baru-baru ini, telah membuat polling atau pemungutan suara tentang siapa yang pantas memenangkan penghargaan tersebut. Berikut hasilnya di halaman selanjutnya:

Saksikan video pilihan berikut ini:

1 dari 4 halaman

3. Isco

Sempat terpinggirkan dari skuat Real Madrid, Isco tampil sensasional di paruh kedua musim lalu. Bermain sebagai false nine (penyerang palsu), penggerakan Isco kerap menyulitkan dan mengelabui lawan.

Tak hanya bersama Real Madrid, pemilik nama lengkap Francisco Roman Alarcon Suarez itu juga tampil memesona bersama Timnas Spanyol. Saat menghadapi Italia dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, 3 September lalu, dia membuat tim asuhan Giampiero Ventura itu kocar-kacir. Dalam laga yang berakhir 3-0 untuk Spanyol itu, Isco mencetak dua gol.

Penampilan cemerlang Isco sukses membawa Real Madrid mempertahankan trofi Liga Champions. Selain itu, pemain 25 tahun ini juga membantu Los Blancos memenangkan gelar Liga Spanyol, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa.

Berdasarkan polling yang digelar Marca, Isco menempati urutan ketiga dengan meraih 2 persen suara dari 5.500 pemilih sebagai pemain yang berhak memenangkan Ballon d'Or 2017.

2 dari 4 halaman

2. Lionel Messi

Lionel Messi gagal membawa Barcelona mempertahankan gelar juara Liga Spanyol pada musim lalu. Di Liga Champions, klub Katalan ini terhenti di perempat final setelah disingkirkan Juventus dengan agregat 0-3. Messi hanya memberikan satu gelar kepada Barcelona pada musim lalu, yakni Copa del Rey.

Di awal musim ini, Messi tampil garang. Ia telah mengemas 13 gol, 11 gol di antaranya pada ajang Liga Spanyol. Performanya membawa Barcelona memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol dengan 21 poin, ungul tujuh angka dari Real Madrid.

Rabu (11/10/2017), Messi menjadi penyelamat Argentina. Tiga golnya ke gawang Ekuador membawa Argentina lolos ke Piala Dunia 2018. Kemenangan 3-1 atas Ekuador menempatkan Argentina di peringkat tiga klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol.

Hasil polling yang digelar Marca, Messi menempati urutan kedua dengan meraih 26 persen suara dari 5.500 pemilih sebagai pemain yang berhak memenangkan Ballon d'Or 2017.

3 dari 4 halaman

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menerima kebijakan rotasi pemain yang diterapkan pelatih Real Madrid Zinedine Zidane pada musim lalu. Keputusan itu ternyata tepat. Sebab, dia bisa menjaga kebugaraan untuk tampil gemilang di sejumlah laga-laga krusial.

Ronaldo pun sukses mengantarkan Real Madrid mempertahankan trofi Liga Champions. Selain itu, dia juga membantu Los Blancos memenangkan gelar Liga Spanyol, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa.

Pada awal musim ini, Ronaldo belum mencetak gol dari tiga penampilannya di Liga Spanyol usai lepas dari sanksi lima laga. Namun di Liga Champions, pemain berjuluk CR7 ini sudah mengemas empat gol.

Berdasarkan hasil polling yang digelar Marca, Ronaldo mendapat 64 persen suara dari 5.500 pembaca sebagai pemain yang pantas memenangkan Ballon d'Or 2017. Jika polling itu sesuai dengan hasil yang bakal diumumkan Desember nanti, maka bintang Timnas Portugal itu akan menyamai prestasi Lionel Messi.

Artikel Selanjutnya
Pele Jagokan Neymar Rebut Ballon d'Or
Artikel Selanjutnya
Sergio Ramos Ingin Menangi Ballon d'Or