Sukses

5 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Jepang

Liputan6.com, Motegi - Balapan MotoGP Jepang akan menyuguhkan pertarungan sengit para kandidat menuju gelar juara MotoGP musim ini. Bagi Marc Marquez mengaspal di Sirkuit Twin Ring Motegi memiliki kenangan manis.

Pada tahun lalu, Si Bayi Alien berhasil menancapkan namanya sebagai juara dunia di kandang tim Repsol Honda. Kali ini, Marquez tidak akan mudah mengulangi torehannya itu di MotoGP Jepang.

Sebab, Marquez akan mendapatkan perlawanan yang sengit dari Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales. Berbicara tentang Dovizioso, pembalap Ducati Corse itu dianggap memiliki mesin yang sesuai dengan karakteristik Sirkuit Twin Ring Motegi.

Di Motegi terdapat trek lurus sejauh 762 meter yang bakal memanjakan Little Dragon. Lintasan Motegi juga memiliki enam tikungan kiri dan delapan belokan kanan.

Terlepas bagaimana persaingan yang akan terjadi, para pembalap MotoGP harus memperhitungkan pemilihan ban Michelin di lintasan sepanjang 4,8 km tersebut. Pasalnya, penurunan suhu dan tekanan ban pada permukaaan aspal yang kasar bisa menyebabkan pembalap kehilangan keseimbangan.

 

 

1 dari 2 halaman

Daftar Fakta Menarik MotoGP Jepang

Berikut data dan fakta MotoGP Jepang 2017:

1. Sirkuit Motegi memiliki panjang 4,8 km dengan jumlah tikungan 14 yakni 6 ke kiri dan 8 ke kanan dengan lebar lintasan 15 meter.

2. Pembalap dengan kemenangan terbanyak di Motegi masih dipegang oleh Dani Pedrosa, Loris Capirosi dan Jorge Lorenzo sebanyak tiga kali.

3. Tim Honda jadi penguasa GP Jepang dengan 49 gelar dari total semua kelas yang diperlombakan, yakni 50cc (4x), Moto3 (1), 125cc (12), Moto2 (14), 250cc (17), 350cc (4), 500cc (4), MotoGP (7)

4. Jorge Lorenzo menjadi pembalap dengan koleksi pole terbanyak di Motegi yakni 4 kali. Disusul Loris Capirossi 3 kali dan Andrea Dovizioso serta Valentino Rossi masing-masing 2 kali.

5. Musim lalu, Marc Marquez mengunci juara dunia di Sirkuit Twin Ring Motegi setelah memenangkan balapan di depan Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales. (David Permana)

Artikel Selanjutnya
Marquez Tak Berani Pasang Target Juara MotoGP San Marino
Artikel Selanjutnya
5 Fakta Menarik Jelang MotoGP San Marino Tanpa Rossi