Sukses

3 Duel Liverpool Vs MU di Anfield yang Tak Terlupakan

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool akan menjamu Manchester United (MU) di Anfield Stadium, Sabtu (14/10/2017) dalam lanjutan Liga Inggris. Laga itu bakal menjadi pertandingan ke-172 untuk kedua tim sepanjang sejarah.

Anfield Stadium merupakan salah satu venue paling mengerikan di Inggris. MU yang mengoleksi 20 gelar Liga Inggris saja sulit menang di sana.

Tercatat duel MU kontra Liverpool sudah 86 kali dilangsungkan di Anfield Stadium. The Reds --sebutan Liverpool-- mencatatkan 40 kemenangan dan 20 hasil imbang. MU hanya meraih 26 kemenangan.

Setan Merah --julukan MU-- terakhir kali menang di Anfield terjadi pada 17 Januari 2016. Ketika itu, MU yang masih dilatih Louis van Gaal menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Wayne Rooney.

Sejak era Liga Inggris, ada tiga duel Liverpool kontra MU di Anfield yang tak pernah terlupakan. Simak daftar duelnya di halaman berikut. 

 

 

1 dari 4 halaman

Maret 2011

Striker Liverpool, Dirk Kuyt membalas aksi hattrick Dimitar Berbatov pada Semptember 2010. Kuyt menjadi aktor kemenangan Liverpool atas MU dengan skor 3-1 di Anfield dalam lanjutan Liga Inggrus, Maret 2011.

Pemain asal Belanda itu tanpa ampun menjebol gawang kiper MU, Edwin van der Saar hingga tiga kali. Setan Merah hanya mampu membalasnya satu gol melalui Javier Hernandez pada masa injury time.

Meski kalah telak di Anfield Stadium, MU keluar sebagai juara Liga Inggris. Setan Merah yang kala itu dinakhodai Sir Alex Ferguson sukses mengumpulkan 80 poin, unggul sembilan angka dari Chelsea yang berada di urutan kedua.

2 dari 4 halaman

Oktober 2011

Laga Liverpool melawan MU di Anfield Stadium, 15 Oktober 2011 berakhir imbang 1-1. Liverpool sempat unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak Steven Gerrard. Setan Merah membalas melalui gol yang diciptakan Javier Hernandez, sembilan menit jelang bubaran.

Namun bukan gol yang dicetak Gerrard atau Hernandez yang tak terlupakan dalam pertandingan tersebut. Laga ini diingat karena aksi rasisme striker The Reds, Luis Suarez kepada bek MU, Patrice Evra.

Dalam sebuah laporan sebanyak 115 lembar, FA menjelaskan mengenai kronologi insiden tersebut. Menurut FA, kejadian itu berawal saat Evra menegur Suarez, sesaat setelah ia dilanggar. Kedua pemain lantas terlibat percakapan. Dalam pertandingan itu, Suarez mengucapkan tujuh kali kata “Negro” kepada Evra.

3 dari 4 halaman

Maret 2015

Juan Mata menjadi bintang kemenangan MU atas Liverpool dengan skor 2-1 di Anfield pada ajang Liga Inggris, Maret 2015. Pemain asal Spanyol itu mencetak dua gol di Anfield Stadium.

Mata mencetak gol akrobatik pada menit ke-59. Saat itu, eks Chelsea tersebut berhasil memanfaatkan umpan lambung Angel Di Maria.

Hal yang tak terlupakan di laga ini adalah keputusan wasit, Martin Atkinson, yang mengusir kapten Liverpool, Steven Gerrard pada menit ke-46. Padahal, Gerrard baru masuk di awal babak kedua.

Atkinson tanpa ampun langsung memberikan kartu merah setelah melihat Gerrard dengan sengaja menginjak kaki gelandang MU, Ander Herrera.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool
  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United
  • MU
  • Liga Inggris
Artikel Selanjutnya
Jadwal Bola Hari Ini, Siaran Langsung 27 Agustus
Artikel Selanjutnya
Jadwal Liga Inggris: MU Jamu Leicester