Sukses

Menpora Harap Inasgoc Perjuangkan 11 Nomor Tambahan Asian Games

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi tengah menanti respons Dewan Olimpiade Asia (OCA) dalam pengajuan 11 nomor dari tiga cabang olahraga di Asian Games 2018. Imam meminta Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) 2018 mengawal upaya Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga tersebut.

Penambahan nomor pertandingan akan dibahas Inasgoc bersama OCA pada rapat koordinasi, Minggu (15/10/2017). Sebab sebelumnya Menpora sudah mengawali upaya Indonesia dengan berkirim surat kepada Presiden OCA Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah.

"Kami sudah mengirim surat kepada OCA. Sejauh ini, belum ada balasan. Tapi, saya meminta Inasgoc untuk menindaklanjuti dan mengawal penambahan nomor itu," kata Imam Nahrawi, pada Jumat (13/10).

Pada Senin (9/10), Menpora telah mengirim surat kepada Presiden OCA Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah terkait penambahan sebelas nomor pertandingan dalam tiga cabang olahraga. Dari 40 cabor, Imam ingin mengajukan penambahan nomor di olahraga panahan, panjat tebing, dan taekwondo.

Ada tiga nomor yang diperjuangkan dari cabor panahan, yakni compound putra, compound putri, dan compound campuran pada cabang panahan. Pada cabor panjat tebing, tuan rumah ingin nomor speed world putra, speed world putri, speed classic putra, dan speed classic putri tampil di Asian Games 2018.

Wajar jika Indonesia ngotot tampil di nomor men speed karena skuat Merah Putih baru saja meraih medali perak dan perunggu pada seri kejuaraan dunia yang digelar di Wujiang, Tiongkok, awal Oktober lalu. Sementara nomor di cabor taekwondo yang belum didaftarkan yaitu kyorugi putra -54 kg, kyorugi putra -63 kg, kyorugi putri -46 kg, dan kyorugi putri -53 kg.

"Berdasarkan hasil Sidang Umum OCA pada 22 September di Ashgabat, kami telah menerima keputusan 40 cabang olahraga dengan penambahan roller sport dan disiplin bela diri (kurash dan sambo). Untuk itu, kami akan mengapresiasi jika Anda dapat menerima proposal kami untuk menambah sejumlah nomor pertandingan," tulis Menpora dalam suratnya kepada Presiden OCA.

"Nomor-nomor pertandingan itu adalah nomor pilihan khusus Asia dan Indonesia telah mempersiapkan dengan upaya besar untuk menyiapkan dengan sebaik mungkin dalam Asian Games 2018," tulis Imam Nahrawi.

saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
KONI Jatim Bela Menpora Imam Nahrawi
Artikel Selanjutnya
Menpora Apresiasi Perjuangan Para Atlet di SEA Games 2017