Sukses

Dovizioso Terkejut Pemilihan Ban Rossi di Kualifikasi MotoGP

Rossi memang melakukan blunder saat menentukan pemilihan ban di MotoGP Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap MotoGP, Andrea Dovizioso, terkejut dengan cara Valentino Rossi dalam memilih ban kompon kering. Menurutnya, itu adalah sesuatu yang sangat berisiko karena ada beberapa pembalap yang pernah mencobanya dan mereka terjatuh.

Rossi memang melakukan blunder saat menentukan pemilihan ban. Pembalap Movistar Yamaha tampaknya tidak terlalu memperhitungkan kondisi Sirkuit Twin Ring Motegi saat itu dalam kondisi basah.

Akibat kesalahan yang dilakukannya itu, Rossi merusak kuda besi YZR-M1 setelah mengalami kecelakaan saat dirinya kehilangan kendali saat akan menaklukan tikungan kedelapan. Meskipun sempat berusaha memperbaiki motor dengan dibantu petugas sirkuit, namun usahanya sia-sia.

"Saya terkejut melihat Rossi dengan slicks. Saya bilang 'Mamma mia'," terang Dovizioso seperti dikutip dari GPOne, Minggu (15/10/2017).

"Sebenarnya sudah banyak korban, sebut saja Marc Marquez. Dia telah melakukan banyak waktu dan ia tahu akan sulit untuk melakukan yang lebih baik. Saya tidak menggunakannya karena saya tidak memiliki track yang terkendali. Plus, pada pukul 9 saya hampir keluar lintasan," ungkap Dovizioso.

Dovizioso merupakan salah satu kandidat juara dunia MotoGP di musim ini. Dia saat ini berada di urutan kedua dengan hanya tertinggal 16 poin dari Marquez.

Sementara Maverick Vinales berada di urutan ketiga dengan perolehan 196 poin. Berarti gelaran MotoGP Jepang bisa dijadikan sebagai momentum untuk melihat siapa yang bakal menjadi juara dunia tahun ini.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.