Sukses

Marquez Dukung Joan Mir Naik Kelas MotoGP

Marquez menilai Joan Mir memiliki modal untuk bersaing di kelas MotoGP.

Liputan6.com, Motegi - Honda tak pernah kehabisan stok pembalap-pembalap berbakat untuk dipromosikan ke kelas MotoGP. Saat masa depan Marc Marquez masih begitu panjang, mereka sudah memiliki Joan Mir yang sudah menunjukkan kemampuannya.

Marquez, pengoleksi tiga gelar juara dunia MotoGP, melihat Mir sebagai pembalap yang memiliki masa depan cerah. Pembalap 20 tahun itu saat ini tercatat sebagai peserta di kelas Moto3 yang sudah dicicipi sejak musim 2016.

Meski terbilang pendatang baru, Mir sudah mampu memamerkan kehebatannya. Di musim perdana sebagai pembalap utama (2015), ia langsung finis di urutan kelima klasemen akhir pembalap. Musim ini, ia hampir pasti tampil sebagai juara dunia.

Dari 17 balapan, pembalap asal Spanyol itu sudah mengoleksi delapan kemenangan. Posisi teratas klasemen pun didudukinya dengan raihan 271 poin. Pesaing terdekatnya adalah Romano Fenatti yang mengoleksi 216 poin.

"Saya pikir ia memiliki potensi dan bakat. Ia pintar dan memiliki pemahaman yang bagus soal strategi dalam balapan. Ia adalah satu-satunya pembalap Moto3 yang bisa menyelesaikan balapan musim ini," kata Marquez, dilansir Speedweek.

Namun, untuk melihat Mir beraksi di MotoGP 2018 sudah tidak mungkin. Ia baru akan naik kelas ke Moto2 pada musim depan dan memperkuat Marc VDS. Mungkin saja 2019 bisa menjadi momentum Mir promosi ke MotoGP.

"Hal itu menunjukkan bahwa selain talenta dan kecepatan, ia juga punya banyak hal di kepalanya. Ini sangat penting. Saya pikir ia akan segera tiba di kelas MotoGP," Marquez menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.