Sukses

NBA: Cavaliers Susah Payah Kalahkan Celtics

Jakarta Cleveland Cavaliers berhasil membuka NBA 2017-2018 dengan kemenangan. Cavaliers susah payah menekuk tamunya Boston Celtics 102-99 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Selasa (17/10/2017) atau Rabu (18/10/2017) pagi WIB.

LeBron James menjadi bintang kemenangan Cavaliers di laga ini. Dia hampir hampir mencetak triple-double.

Baca Juga

  • Jadwal Laga Pembuka NBA 2017-2018
  • LeBron James Prediksi Cleveland Cavaliers Butuh Waktu
  • Cavaliers Vs Celtics: Awal Perebutan Supremasi Wilayah Timur

Cavaliers dan Celtics sama-sama bermain dengan kekuatan penuh. Cavaliers menurunkan LeBron James yang sempat diragukan tampil karena cedera pergelangan kaki kiri. Sementara itu, Celtics menampilkan dua bintang baru, Kyrie Irving dan Gordon Hayward. Laga ini menandai kembalinya Irving ke Cleveland untuk pertama kali setelah pindah ke Boston.

Celtics memulai laga dengan baik. Dimotori Irving, Celtics lebih dulu memimpin 12-9. Namun, petaka menghampiri Celtics saat kuarter pertama tersisa 6:45 menit.

Dalam sebuah skema serangan, Irving yang memegang bola di sisi kiri mencoba memberikan bola kepada Hayward yang berlari dari sisi kanan menuju ring. Hayward berhasil menjangkau bola, tapi dia terjatuh dengan keras karena diapit James dan Jae Crowder.

Hayward tergeletak di bawah ring. Kaki kiri Hayward yang menjadi tumpuan saat mendarat terlihat patah di bagian pergelangan kaki. Dia langsung ditandu keluar lapangan menuju ruang ganti untuk mendapatkan perawatan medis. Para penonton dan seluruh pemain kedua tim yang melihat pemandangan mengerikan itu sontak terdiam dan beberapa sambil menutup wajah.

Hayward digantikan Marcus Smart. Saat keluar, Hayward baru mencetak dua poin dan satu rebound. Celtics mengumumkan Hayward didiagnosis mengalami retak pergelangan kaki kiri (fractured left ankle).

Keluarnya Hayward rupanya memengaruhi mental para pemain Celtics. Mereka kesulitan menemukan kembali ritme permainan seperti sebelum Hayward cedera.

Cavaliers memanfaatkan goyahnya mental Celtics untuk membalikkan keadaan. Cavaliers berbalik unggul dan memimpin 29-19 pada akhir kuarter pertama. James memimpin Cavaliers pada kuarter pertama dengan empat poin, empat assist, empat rebound, dan satu assist.

Cavaliers dan Celtics mulai memainkan beberapa pemain unit kedua pada kuarter kedua. Namun, situasi tetap tak berubah. Cavaliers masih mendominasi laga dan semakin jauh meninggalkan Celtics. Cavaliers unggul 54-38 saat halftime.

James semakin mendekati triple-double dengan mencetak 14 poin, tujuh rebound, dan enam assist, sedangkan Crowder mengemas 11 angka. Jaylen Brown memimpin Celtics dengan 12 poin dan empat rebound. Irving menambah sembilan poin dan lima assit.

Celtics bangkit pada awal kuarter ketiga berkat aksi-aksi Jayson Tatum dan Brown. Tembakan tiga angka Tatum memangkas defisit Celtics menjadi tinggal empat poin dalam kedudukan 63-67 dengan 3:36 menit tersisa. Tatum yang mengisi peran Hayward total mencetak 10 poin pada kuarter ketiga.

Marcus Smart bahkan sempat membawa Celtics balik memimpin 71-69 lewat layup saat laga tersisa empat detik. Namun, tembakan tiga angka Derrick Rose saat buzzer membuat Cavaliers tetap unggul satu poin pada akhir kuarter ketiga dalam kedudukan 72-71. James sudah mencatat dobel-dobel dengan 16 poin dan 10 rebound plus tujuh assist. Di kubu Celtics, Brown telah mencetak 20 poin.

Laga semakin panas pada kuarter terakhir. Irving dan Brown membawa Celtics unggul lewat tembakan tiga angka. Namun, James selalu mampu memberikan jawaban untuk membuat skor tetap ketat. Celtics hanya unggul satu angka dalam kedudukan 92-91 dengan 2:58 menit tersisa.

James jadi pembeda pada pengujung laga. Dia mencetak empat poin dan memaksa lawan membuat turnover. Tembakan tiga angka Kevin Love membuat Cavaliers menjauh menjadi 102-99. Irving sempat punya kesempatan menyamakan kedudukan untuk memaksakan overtime. Namun, tembakan tiga angkanya gagal.

James menjadi bintang kemenangan Cavaliers dengan mencetak 29 poin dan 16 rebound. Dia hanya kurang satu assit untuk mencatat triple-double. Love menambah 15 poin dan 11 rebound.

Brown memimpin Celtics dengan 25 poin dan enam rebound. Irving menyumbang 22 poin dan 10 assist, sedangkan Tatum mengemas 14 poin dan 10 rebound.

Boston Celtics selanjutnya akan menjamu Milwaukee Bucks di TD Garden, Boston, Rabu (18/10/2017) atau Kamis (19/10/2017) WIB. Cleveland Cavaliers juga akan menghadapi lawan yang sama, Jumat (20/10/2017) atau Sabtu (21/10/2017) WIB di BMO Harris Bradley Center, Milwaukee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.