Sukses

Liverpool Cetak Kemenangan Tandang Terbesar, Begini Kata Klopp

Liverpool menang 7-0 di kandang Maribor.

Liputan6.com, Maribor - Liverpool mencatatkan kemenangan tandang terbesar di kompetisi Eropa usai menang 7-0 atas Marino di laga penyisihan Liga Champions dini hari tadi WIB. Liverpool jadi klub Inggris pertama yang melakukannya.

Menurut laman UEFA, kemenangan terbesar Liverpool di kompetisi Eropa sebelumnya terjadi pada laga tandang terjadi di Olympia Stadion. Kala itu The Reds menundukkan klub Finlandia, FC Haka, 5-0 pada Agustus 2001.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, gembira bisa mencetak sejarah bersama klub asal Merseyside itu. Tujuh gol The Reds disarangkan Roberto Firmino (dua gol), Mohamed Salah (dua gol), Philippe Coutinho, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Trent Alexander-Arnold.

"Saya segera diberitahu setelah pertandingan, sebenarnya saya sama sekali tidak tahu," ungkap Klopp, seperti dilansir ESPN.

Menurut statistik Opta, Liverpool merupakan klub Liga Inggris pertama yang meraih kemenangan tandang terbesar dengan selisih tujuh gol. Kemenangan itu juga menyamai rekor Marseille saat menaklukkan Zilina 7-0 pada tahun 2010 dan Shakhtar Donetsk yang menekuk Bate Borisov pada 2014.

"Kami berbicara beberapa kali tentang bagaimana sejarah luar biasa klub ini yang terasa begitu banyak sehingga sangat menyenangkan bisa menulis sejarah, dan mungkin akan sulit untuk melewatinya," kata Klopp.

"Sangat jarang Anda bisa menang 7-0, tapi itu menunjukkan lagi bahwa kami tampil luar biasa baik malam ini," papar pelatih asal Jerman ini.

Liverpool juga pernah mengemas kemenangan kandang terbesar 8-0 saat mengalahkan Besiktas pada 2007. Torehan itu menyamai catatan Real Madrid yang menekuk Malmo dengan delapan gol tanpa balas pada 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.