Sukses

MotoGP Australia, Pembalap Dimanjakan dengan Ban Cepat Panas

Liputan6.com, Phillip Island - Sesi latihan bebas pertama dan kedua seri MotoGP Australia telah rampung. Para pembalap adu kebut kuda besi tersebut mulai menata kembali tunggangannya demi mendapatkan setingan yang tepat pada kualifikasi (21/10/2017) dan balapan, Minggu (22/10/2017). 

Michelin sebagai pemasok ban bagi MotoGP musim ini, juga ikut berkemas. Pabrikan asal Prancis ini telah menyiapkan ban asimetris (dengan sisi kiri lebih keras) baik untuk bagian depan maupun belakang dengan senyawa lembut, sedang, dan keras.

Manajer Michelin Piero Taramasso mengatakan, balapan di Sirkuit Phillip Island memiliki arti penting mengingat nama perusahaan menempel sebagai sponsor resmi. Ini melibatkan banyak pihak, tidak hanya dari dalam sektor roda dua, tapi juga di seluruh perusahaan.

"Pasar Asia Pasifik sangat penting bagi Michelin. Jadi untuk memiliki balapan dengan namanya di wilayah tersebut merupakan kehormatan besar dan memiliki banyak kepentingan," jelas Taramasso seperti dikutip dari GPOne.

Taramasso menambahkan Sirkuit Phillip Island merupakan lintasan yang sulit dan sangat menantang. Tidak hanya bagi pembalap, tapi juga Michelin. Tapi pihaknya ingin memberikan balapan yang bagus dan performa yang kuat dari ban.

"Kami telah menciptakan kisaran di sini yang harus bersaing dengan putaran berkecepatan tinggi dan sudut sangat cepat, jadi kami membutuhkan pegangan dan daya tahan yang baik, serta fasilitas ban yang cepat panas karena Phillip Island kadang sangat dingin," katanya. 

"Seleksi tahun ini telah dihasilkan dari data yang kami kumpulkan pada musim lalu, di balapan pertama kami di sini selama tujuh tahun dan dari uji musim dingin bulan Februari. Kami telah menciptakan ban yang bisa melakukan apa pun yang bisa disediakan oleh Phillip Island yang mengetahui sejarah lintasan, yang bisa sangat ekstrem di kedua arah." 

(David Permana)

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Hasil Latihan Bebas 1 dan 2

Sementara itu, pembalap Honda Repsol, Marc Marquez, berhasil keluar sebagai yang tercepat di latihan bebas pertama. Baby Alien mencatat waktu 1 menit 29,602 detik. Ia unggul 0,093 detik atas pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco yang ada di posisi kedua.

Di latihan bebas kedua, Marquez harus puas sebagai yang tercepat kedua. Sebab urutan pertama ditempati oleh pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dengan catatan 1'29.225. Sementara Marquez berada di belakangnya, tertinggal 0.005 detik dari Aleix. 

Simak hasil lengkap latihan bebas 1 dan 2 di bawah ini: 

FP 1

 

Artikel Selanjutnya
Ini Manuver Michelin untuk MotoGP San Marino
Artikel Selanjutnya
Sirkuit Monza Masih Jadi Misteri bagi Sean Gelael