Sukses

Tips Kembangkan Pemain Muda Ala Pelatih Timnas Indonesia U-19

Liputan6.com, Jember - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memberikan tips mengembangkan pemain muda. Tips itu ia berikan dalam "coaching clinic" di Gedung Serbaguna Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat, (20/10/2017).

Untuk menjadikan pemain yang profesional, maka pelatih harus bisa menemukan atau menerapkan empat teknik dasar terlebih dahulu dan pentingnya melatih atlet sejak dini agar bisa menjadi juara dunia," kata Indra seperti dikutip dari Antara.

Indra menambahkan, setidaknya ada empat latihan dasar yang harus diberikan. Keempat latihan itu adalah keahilan dasar, fisik, teknik, dan mental. Keempatnya penting untuk melihat potensi atlet yang bersangkutan.

"Keahlian dasar adalah melatih kemampuan seperti bagaimana cara mengontrol dan teknik menggiring bola di lapangan. Hal itu biasanya sudah bisa dilihat saat pemain masih usia dini," tuturnya.

"Keempat tips itu masih krisis dihadapi oleh pemain di Indonesia, sehingga kami terus berkeliling dan mengajarkan kepada pelatih-pelatih, dengan harapan bisa membagikan kepada pemain-pemain usia muda untuk lebih menekankan tentang mental pemain yang siap menghadapi apapun yang terjadi," kata Indra menambahkan.

Indra Sjafri saat ini sedang menyiapkan Timnas Indonesia U-19 untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan. Pada pertandingan pertama, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Brunei Darussalam (31/10/2017). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.