Sukses

4 Hal Ini Bikin MotoGP Makin Menarik

Tensi pertarungan gelar juara semakin tinggi jelang tiga balapan tersisa MotoGP musim ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tensi pertarungan gelar juara semakin tinggi jelang tiga balapan tersisa MotoGP musim ini. Marc Marquez saat ini masih mengunci tempat pertama di klasemen MotoGP dengan keunggulan 11 poin dari Andrea Dovizioso.

Sekarang pertarungan menegangkan kedua pembalap bakal tersaji pada balapan di Grand Prix Australia. Tentunya akan ada alur cerita yang berbeda ketika Marquez dan Dovizioso mengaspal di lintasan sepanjang 4,4 km tersebut.

Gelaran GP Australia mungkin belum memutuskan siapa yang akan memenangkan gelar juara dunia MotoGP tahun ini mengingat poin kedua pembalap terlalu dekat. Tapi akan sangat menentukan terkait siapa yang akan menjadi juara.

Tentunya ada banyak pertanyaan yang menggelayuti pikiran penikmat kuda besi di seluruh dunia. Apalagi kondisi cuaca di Phillip Island yang berangin bisa memengaruhi performa balap sirkus MotoGP.

Berikut 4 hal yang wajib disaksikan penggemar di MotoGP Australia:

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Konsistensi Marquez dan Dovizioso

Ada pepatah yang menyebut mengalahkan musuh tanpa berkelahi itu jauh lebih baik daripada memenangkan setiap pertarungan. Inilah yang akan terjadi pada balapan di Grand Prix Australia.Marquez dan Dovizioso tidak akan melakukan kesalahan yang bodoh seperti yang pernah dilakukan Valentino Rossi saat disanksi Race Direction lantaran terbukti menendang Si Bayi Alien. Sehingga gelar juara dunia MotoGP ke-10 sepanjang kariernya hilang dari genggamannya.

Marquez dan Dovizioso saat ini sama-sama mengoleksi lima kemenangan di musim ini. Tapi Dovizioso memiliki penampilan yang sama sekali berbeda ketimbang tahun sebelumnya.

Pembalap Italia ini memang dikenal sangat lambat untuk merespon pertarungan, namun kesabaran itulah yang menjadi kunci keberhasilannya. Kemenangan Dovizioso atas Marquez di Austria dan Jepang adalah sesuatu yang sulit dipikirkan sebelumnya.

Di sisi lain, perbedaan yang terletak dari kedua pembalap adalah konsistensi. Berbicara mengenai hal itu Marquez punya catatan rapor yang bagus di musim ini dimana ia sudah mencetak 10 podium dari 15 balapan terakhirnya.

3 dari 5 halaman

2. Menjaga Peluang Juara

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Marc Marquez dan Andrea Dovizioso telah memenangkan lima balapan pada MotoGP 2017. Inilah yang membuat penikmat kuda besi agak sedikit terkejut karena dua pembalap masih menjaga kejuaraan balap motor ini masih hidup.

Sementara Maverick Vinales harus menggelengkan kepalanya tentang peluangnya merebut juara dunia. Pasalnya, sejak paruh kedua dimulai pembalap anyar tim Movistar Yamaha itu belum sekali pun merasakan kemenangan. Hasil terbaiknya di lima balapan terakhir adalah berada di posisi kedua selama menjalani balapan di Silverstone, Inggris.

Akibat penampilan buruk itu Vinales tertinggal 41 poin dari Marquez. Pembalap yang dikenal dengan julukan Top Gun hanya berharap agar dua pembalap teratas terpeleset di tiga balapan tersisa musim ini.

4 dari 5 halaman

3. Rossi Jadi Partisipan

Valentino Rossi secara resmi telah mengonfirmasi bahwa dirinya telah keluar dari perburuan gelar juara MotoGP musim ini. Salah satu yang membuatnya kehilangan gelar juara dunia ke-10 sepanjang karier untuk kesekian kalinya terjadi saat ia menghancurkan kaki kanannya di Italia.

Meskipun sempat membuat semua orang kagum saat Rossi kembali mengaspal di Aragon dan berhasil meraih posisi keempat, namun usahanya merebut juara dunia sudah tertutup.

Sekarang dia hanya seorang pembalap yang dipaksa tampil kompetitif pada tiga balapan tersisa. Hanya ada satu target yang coba dilakukan Rossi, yakni berusaha untuk naik ke posisi keempat.

The Doctor tentunya ingin merombak defisit dua poin dari Dani Pedrosa sebelum menuju ke balapan terakhir di Valencia. Bisa dikatakan, ini merupakan rapor terburuk Rossi selama menjadi pembalap tim Yamaha karena ia belum pernah berada di posisi kelima.

5 dari 5 halaman

4. Menanti Aksi Pembalap Tuan Rumah

Jack Miller telah mengonfirmasi akan menjalani balapan di Sirkuit Phillip Island. Pembalap Marc VDS itu mengatakan kondisi kakinya sudah membaik. "Kaki saya baik-baik saja. Saya masih terus berjuang agar bisa segera pulih," katanya.

Miller tentunya berharap bisa memberikan kontribusi besar kepada tim Marc VDS sebelum menuju ke Pramac Ducati tahun depan. Pembalap tuan rumah ini berharap bisa memperbaiki catatan tahun lalu saat ia menempati posisi 10 besar.

"Tahun lalu saya finis di posisi 10 besar dan bisa bertarung untuk peringkat keenam. Kini saya merasa lebih kuat meski sedang cedera. Saya mungkin bisa meraih hasil yang lebih baik," ujar Jack Miller.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.