Sukses

Start Ketujuh MotoGP Australia, Rossi Kenang Tahun Lalu

Rossi merasa kecepatannya tak sebagus seperti MotoGP Australia 2016.

Liputan6.com, Phillip Island - Keberuntungan masih tak memihak kepada Valentino Rossi hingga kualifikasi MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (21/10/2017). Pembalap Movistar Yamaha itu harus memulai balapan dari urutan ketujuh.

Sejatinya, kecepatan Rossi sejak latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Australia tak cukup baik. Hingga FP4, ia hanya bisa mengamankan urutan ke-13, ke-12, ke-12, dan ke-15. Akibatnya, The Doctor pun harus berjuang dari kualifikasi pertama (Q1).

Pada Q1, pembalap 38 tahun itu mampu tampil sebagai yang tercepat. Ia menempati posisi teratas hingga berhak masuk Q2. Sayang, kecepatannya tak mampu bersaing di Q2. Ia menempati posisi ketujuh setelah terpaut 0,817 detik dari Marc Marquez.

"Tahun lalu saya melakukan balapan hebat di sini, sangat menghibur. Tapi sayangnya saya masih tidak secepat seperti tahun lalu. Pada Q1, saya memenuhi syarat untuk masuk Q2. Namun, saya tak mampu menembus dua baris pertama meski di tempat pertama baris ketiga," ujar Rossi, dikutip Speedweek.

Ya, MotoGP Australia, khususnya Sirkuit Phillip Island, memang menjadi salah satu tempat favorit Rossi. Buktinya, pembalap asal Italia itu tercatat sebagai pengoleksi kemenangan terbanyak di sana.

Total ia sudah delapan kali menang di Phillip Island pada semua kelas. Musim lalu pun, ia mampu finis sebagai runner-up setelah terpaut 4,218 detik dari pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, yang merebut podium juara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Ambisius

Terlepas dari tidak adanya lagi peluang untuk menjadi juara dunia, Rossi tetap ingin tampil kompetitif pada MotoGP Australia 2017. Itu karena ia ingin menghindari posisi buruk di klasemen akhir di kelas MotoGP.

Sejak 2012, ia tak pernah mengakhiri musim dengan finis di bawah posisi keempat. Saat ini, ia tertahan di urutan kelima dengan koleksi 168 poin, masih terpaut dua angka dari pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

"Saya tidak senang dengan pengaturan pada motor. Kami harus berbuat lebih baik. Dan kami harus menunggu cuaca. Kami memulai balapan pukul 16, itu bagus untuk hari ini. Pilihan ban masih terbuka. Itu pertanyaan bagus," kata Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.