Sukses

MotoGP Australia: Unggul Jauh, Marquez Tetap Waspadai Dovi

Liputan6.com, Phillip Island - Marc Marquez berpeluang besar merebut podium juara MotoGP Australia 2017 di Sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017). Pembalap Repsol Honda itu sukses mengamankan pole position pada kualifikasi, Sabtu (21/10/2017).

Tak heran jika MotoGP Australia dianggap sebagai salah satu seri favorit Marquez. Buktinya, dominasi The Baby Alien begitu sulit dihentikan sejak latihan bebas pertama (FP1). Hanya pada FP2 ia gagal menjadi yang tercepat.

Performa ciamiknya pun berlanjut pada sesi kualifikasi. Pole position direbut dengan catatan waktu 1 menit 28,386 detik. Pembalap 24 tahun itu unggul 0,333 detik atas pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales di urutan kedua.

Tak hanya itu, keberuntungan juga berpihak kepada Marquez. Itu karena pesaing terbesar yakni Andrea Dovizioso akan memulai balapan dari urutan ke-11. Pada sesi kualifikasi, Dovi terpaut 1,110 detik dari Marquez.

"Tentu ini sangat membantu, Dovi akan memulai dari tempat ke-11. Di Motegi, bagaimanapun, ia mulai dari posisi kesembilan dan sudah tertinggal. Jadi, kami harus menunggu. Situasi di sini sedikit berbeda, tergantung cuaca," kata Dovi, dikutip Speedweek.

Saat ini Marquez dan Dovi memang sedang terlibat dalam pertarungan sengit menuju takhta juara dunia MotoGP 2017. Kemenangan Dovi pada MotoGP Jepang membuat penentuan juara ditentukan dalam tiga seri terakhir ini.

 

1 dari 2 halaman

Waspadai Cuaca

Marquez memang di atas angin karena menempati puncak klasemen pembalap. Namun, ia hanya unggul 11 poin atas Dovi. Jika mampu mengalahkan Marquez dalam tiga balapan tersisa, gelar juara dunia tentu akan jatuh ke tangan Dovi.

"Saya menduga Vinales sangat cepat dan juga Zarco yang memiliki kecepatan bagus. Terpenting adalah saya sampai di garis finis. Saat balapan dimulai pada pukul 16, suhu akan turun drastis. Ini sangat penting, seperti biasa, saya akan memberikan 100 persen," tegas Marquez.

Bagi Marquez dan Honda, MotoGP Australia memang menjadi salah satu balapan favorit mereka. Jika mencapai garis finis, Marquez selalu konsisten meraih podium di Sirkuit Phillip Island. Tercatat, sudah empat kali ia naik podium di sana (semua kelas).

Artikel Selanjutnya
MotoGP: Lorenzo Puji Dovizioso
Artikel Selanjutnya
Gemilang di Silverstone, Yamaha Jaga Asa Juara MotoGP