Sukses

3 Pemain yang Bakal Dibuang Barcelona

Barcelona akan buang Arda Turan, Paco Alcacer dan Rafinha

Liputan6.com, Barcelona - Masa depan sejumlah pemain Barcelona mulai terancam. Pelatih Ernesto Valderde dilaporkan sudah menentukan pemain yang akan dilepas pada bursa transfer musim dingin Januari 2018.

Media Spanyol Mundo Deportivo menulis Valderde sengaja memilih para pemain menjadi empat golongan sesuai prioritas klub. Ada yang posisinya tak tergantikan, ada pula yang tak punya harapan lagi untuk dipertahankan.

Megabintang Lionel Messi tentu masuk hitungan sebagai pemain tak tergantikan. Blaugrana bahkan sudah menawari pemain timnas Argentina tersebut bonus sebesar 80 juta pounds atau lebih Rp 1,4 triliun.

Beralih ke golongan pemain pelapis, Barcelona masih mengandalkan jasa pemain seperti Aleix Vidal, Jasper Cillessen, Javier Mascherano, dan Lucas Digne. Terlebih untuk bek senior Mascherano, yang jadi pelapis dari duet Gerard Pique dan Samuel Umtiti.

Sementara kelompok ketiga di Camp Nou berisikan pemain yang posisinya agak dipertanyakan. Hanya ada tiga pemain yang belum mampu menarik hati Valderde di awal musim ini yaitu Denis Suarez, Andre Gomes, dan Gerard Deulofeu.

Barca bisa menjual ketiganya jika butuh rekrutan besar di bursa transfer Januari nanti. Tapi hal tersebut dianggap bukan opsi ideal karena masih ada pemain yang lebih layak dibuang demi kebutuhan tim.

Pemain yang dikabarkan siap dilepas Barcelona Arda Turan, Paco Alcacer, dan Rafinha. Barca bisa untung banyak jika menjual mereka demi mendatangkan Philippe Coutinho dari Liverpool.

Bukan rahasia lagi bila Blaugrana amat menginginkan Coutinho. Barcelona bahkan berencana melepaskan tawaran sebesar 72 juta pound sterling untuk mantan pemain Inter Milan itu.

Untuk lebih lengkap, berikut kisaran harga tiga pemain yang akan dilepas Barcelona serta kontribusinya di sepanjang tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paco Alcacer

Paco Alcacer baru tiga kali dimainkan pelatih Ernesto Valverde pada musim ini. Striker 24 tahun tersebut menjadi pelapis Luis Suarez yang masih jadi andalan utama Barcelona di lini serang.

Barcelona membelinya dari Valencia pada Agustus 2016 seharga 30 juta. Tapi dilansir dari Transfermarkt, nilai jual Alcacer di bursa transfer terus turun dan kini dia hanya dihargai sebesar 18 juta euro (Rp 286 miliar).

Produktivitas striker asal Spayol ini sangat kecil. Dua musim di Barcelona, Alcacer hanya mencetak 7 gol untuk Barcelona. Hal ini sangat kontras dengan produktivas pemain asal Torrent ini saat di Valencia. Dalam semusim dia biasanya bisa mencetak minimal belasan gol.

Inilah yang membuat Alcacer sulit dipertahankan di Barcelona. Dia sulit menyaingi Luis Suarez dan juga Gerard Deulofeu yang kerap ditempatkan di posisi paling depan.

3 dari 4 halaman

Arda Turan

Jika sesuai kontrak, Turan memiliki sisa dua setengah tahun lagi bersama Barcelona. Namun winger 30 tahun tersebut sama sekali belum tampil di bawah kepelatihan Valverde musim ini.

Fakta di atas membuat nilai jualnya anjlok di Transfermarkt. Kini pemain timnas Turki tersebut dihargai 15 juta euro (Rp 238 miliar) dan Barcelona bisa meminjamkan sang pemain jika tak ingin terlalu merugi.

Turan sebenarnya bisa jadi alternatif untuk dampingi Messi di lini depan bersama Luis Suarez. Namun hingga kini, pemain asal Turki ini sulit mendapatkan kesempatan bermain.

4 dari 4 halaman

Rafinha

Rafinha tak masuk rencana jangka panjang klub setelah diterpa cedera panjang musim lalu. Sejak Valverde masuk sebagai pelatih baru, dia juga belum tampil lantaran cedera lutut.

Gelandang tengah 24 tahun ini diperkirakan tidak akan kembali beraksi sampai tiga bulan ke depan. Rafinha mungkin akan menolak dilepas secara permanen pada Januari mendatang agar dia bisa mengevaluasi klub pilihannya di musim panas.

Kini Rafinha dihargai 15 juta euro (Rp 238 miliar) oleh Tranfermarkt. Barcelona tetap untung jika meminjamkan sang pemain karena dia merupakan produk jebolan akademi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.