Sukses

Batshuayi Pahlawan, Chelsea Pecundangi Watford

Liputan6.com, London - Chelsea akhirnya sukses mengakhiri tren buruk tanpa kemenangan dalam tiga laga beruntun. Laga melawan Watford pada pekan kesembilan Liga Inggris 2017/2018 di Stamford Bridge, Sabtu (21/10/2017), diakhiri Chelsea dengan kemenangan 4-2.

Adalah Michy Batshuayi yang menjadi pahlawan kemenangan Chelsea. Masuk sebagai pengganti, ia justru mencetak dua gol kemenangan timnya. Aksinya pun membantu Chelsea menebus kesalahan usai takluk dari Manchester City dan Crystal Palace.

Di menit-menit awal, Chelsea sebagai tuan rumah langsung menerapkan tempo permainan cepat. Mereka mengandalkan kecepatan Eden Hazard, Marcos Alonso, dan Cesar Azpilicueta untuk menggempur pertahanan Watford lewat umpan tajam.

Hanya butuh 12 menit bagi Chelsea untuk membuka keunggulan. Berawal dari sepak pojok dilanjutkan umpan mendatar Hazard kepada Pedro yang langsung melepaskan tendangan melengkung ke sudut gawang Gomes. Gomes sendiri tak menyangka bola sepakan Pedro menjadi gol.

Chelsea nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-17. Alvaro Morata dengan cerdas memberikan umpan kepada Cesc Fabregas. Sayang, tendangan chip Fabregas masih bisa diantisipasi Gomes.

Pertahanan Watford terus mendapat tekanan bertubi-tubi dari Chelsea. Pedro pun kembali melakukan percobaan dengan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang belum menemui sasaran.

Di menit ke-30, giliran David Luiz yang melakukan percobaan. Menerima operan, ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih mudah diamankan Gomes. Semenit kemudian, Watford baru bisa mengancam gawang Chelsea lewat tendangan bebas Tom Cleverley.

Saat Chelsea terlihat akan menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0, Watford justru mampu menyamakan kedudukan. Adalah Doucoure yang sukses mencetak gol penyeimbang di menit ke-45+2.

 

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Meski tertekan akibat gol penyeimbang Watford, Conte tetap mempertahankan komposisi pemain seperti di babak pertama. Di luar dugaaan, Watford justru kembali mencetak gol saat babak kedua baru berjalan empat menit.

Setelah mendapatkan bola di lini tengah, Richarlison de Andrade memberikan umpan kepada Roberto Pereira. Tanpa kesulitan gelandang berusia 26 tahun itu menaklukkan kiper Thibaut Courtois.

Unggul 2-1 membuat tim besutan Marco Silva itu di atas angin. Mereka nyaris memperlebar keunggulan lewat tandukan Richarlison yang memanfaatkan crossing Miguel Britos di menit ke-54. Namun, bola tandukannya masih melebar.

Melihat situasi, Conte membuat keputusan mengejutkan dengan menarik Morata di menit ke-61. Sebagai gantinya, ia memberikan kesempatan kepada Batshuayi yang sebelumnya sudah mengoleksi lima gol di semua kompetisi musim ini.

Ternyata, keputusan Conte terbukti jitu. Batshuayi membawa Chelsea menyamakan skor di menit ke-71. Umpan melengkung Pedro dimanfaatkan penyerang berusia 24 tahun itu untuk menaklukkan Gomes lewat tandukannya.

Gol Batshuayi meningkatkan semangat juang The Blues. Setelah menanti cukup lama, akhirnya Chelsea berbalik unggul 3-1. Azpilicueta yang secara mengejutkan berada di kotak penalti Watford mampu mencetak gol lewat sundulan di menit ke-87.

Tak cukup sampai di situ, Chelsea semakin menggila. Batshuayi membukukan gol keduanya usai memanfaatkan sundulan Tiemoue Bakayoko di menit ke-90+5. Duel pun ditutup dengan kemenangan 4-2 tuan rumah.

Susunan Pemain

Chelsea (3-4-3): Courtois; Cahill, David Luiz, Azpilicueta, Marcos Alonso (Willian 68), Rudiger, Fabregas, Hazard, Pedro (Zappacosta 86), Bakayoko, Morata (Batshuayi 61)

Watford (3-4-3): Gomes; Mariappa (Gray 65), Holebas, Britos, Kabasele, Femenia, Cleverley, Pereyra (Carrillo 65), Doucoure, Deeney (Watson 80), Richarlison