Sukses

Permak Burnley, Manchester City Kian Jauhi MU

Liputan6.com, Manchester - Manchester City kembali meraup poin penuh di pekan kesembilan Liga Inggris 2017/2018. Di Etihad Stadium, Sabtu (21/10/2017), City sukses mempermalukan Burnley tiga gol tanpa balas.

Kemenangan Manchester City pun semakin sempurna seiring hasil buruk yang didapat rival sekota mereka, yakni Manchester United (MU). Setan Merah menyerah 1-2 di kandang Huddersfield Town. Alhasil, City memuncaki klasemen dengan keunggulan lima poin atas MU.

Laga melawan Burnley menjadi ajang kembalinya Aguero. Setelah absen hampir tiga pekan, ia pun dipasang pelatih Pep Guardiola sebagai starter. Selain Aguero, Guardiola melakukan beberapa rotasi dengan memainkan Leroy Sane dan Bernardo Silva.

Dengan kehadiran Fernandinho, David Silva, dan Kevin De Bruyne di lini tengah, tuan rumah pun unggul jauh dalam penguasaan bola. Namun, mereka terlihat kesulitan saat ingin menembus kotak penalti Burnley.

Justru Burnley yang nyaris mencetak gol lebih dulu lewat skema serangan balik di menit ke-15. Sayang, Chris Wood yang sudah berhadapan langsung dengan kiper Ederson Moraes gagal mencetak gol. Scott Arfield juga gagal memanfaatkan momentum ketika bola sempat terlepas.

Manchester City baru benar-benar mendapatkan peluang di menit ke-23. Berdiri tanpa kawalanan di kotak penalti Burnley, Bernardo justru gagal menceploskan bola ke gawang Nick Pope. Namun, tujuh menit kemudian City mendapatkan hadiah penalti.

Penalti itu didapat setelah Pope dianggap melanggar Bernardo di kotak terlarang. Aguero yang ditunjuk sebagai eksekutor tak kesulitan mencatatkan namanya di papan skor. Keunggulan 1-0 City bertahan hingga babak pertama berakhir.

 

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Meski terlihat kesulitan, Guardiola mempertahankan komposisi pemainnya di babak kedua. Di menit ke-56, City yang mulai frustrasi mulai mengandalkan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, upaya yang dilakukan David Silva masih tak membuahkan hasil.

Di menit ke-72, Silva mendapatkan peluang emas. Sialnya, tendangan jarak dekat mantan gelandang Valencia itu bisa ditepis Pope. Upaya The Citizens untuk memperbesar keunggulan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-73.

Berawal dari sepak pojok Sane, bek Nicolas Otamendi mencetak gol lewat sundulan. Hanya berselang dua menit, giliran Sane yang menyumbang gol. Kali ini ia sukses mengkonversi assist De Bruyne.

City masih memiliki peluang untuk menambah keunggulan. Di menit ke-84, serangan yang diawali Kyle Walker usai menerima operan Bernardo berakhir dengan sepakan Gabriel Jesus. Sialnya, upaya Jesus masih bisa digagalkan Pope.

Keunggulan 3-0 City pun tak berubah hingga pertandingan berakhir. Itu menjadi kemenangan kedelapan mereka di Liga Inggris sekaligus mempertahankan tren belum terkalahkan di semua kompetisi musim ini.

Susunan Pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Otamendi, Delph; De Bruyne (Gundugan 80), Fernandinho (Y Toure 78), Silva; B Silva, Aguero (Jesus 76), Sane

Burnley (4-5-1): Pope; Lowton, Tarkowski, Mee, Ward; Arfield, Cork, Hendrick (Gudmundsson 71), Defour (Westwood 84), R Brady; C Wood (Barnes 20)