Sukses

5 Pemain Terganas Afrika yang Bermain di Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta- Afrika secara konsisten menghasilkan banyak penyerang tajam dan menyuplai pemain di Liga Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, pemain dari benua tersebut acap menjadi mesin gol para klub-klubnya. 

Penyerang asal Afrika memang terkenal dengan etos kerjanya. Selain punya fisik kuat, visi serta naluri menyerang mereka sudah terbukti.

Musim ini, banyak pemain yang mewakili Afrika tengah saling sikut untuk menjadi top skorer Liga Inggris. Meski musim baru dihelat, tapi mereka sudah menunjukkan kelasnya.

Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

1 dari 6 halaman

5. Eric Maxim Choupo-Moting

5. Eric Maxim Choupo-Moting

Eric Maxim Choupo-Moting telah menjadi favorit para suporter di Stoke City musim ini setelah kedatangannya dengan status bebas transfer. Dia telah memberikan kontribusi besar sejauh ini dengan rata-rata menghasilkan 0,9 umpan kunci dan 3 tembakan per laga menurut whoscored.com.

Dia juga terkenal dengan giringan bolanya, dengan rataan 1,4 dribbles per game. Sejauh ini, ia telah mencetak 2 gol dalam 8 penampilan untuk Stoke City.

Penampilan terbaiknya di liga datang kala melawan Manchester United. Choupo-Moting mencetak 2 gol yang membantu Stoke City selamat dari kekalahan di Stadion Bet365, dan dihargai man of the match.

2 dari 6 halaman

4. Abdoulaye Doucoure

4. Abdoulaye Doucoure

Abdoulaye Doucoure punya peran vital bersama Watford dengan bisa berperan di antara banyak posisi di lini tengah. Dia bisa bergerak maju untuk menyerang dan juga bisa membantu dalam bertahan.

Gelandang asal Mali itu memiliki 0,8 tembakan dan 1,4 umpan kunci per pertandingan. Dia telah mencatat 6 tembakan dengan akurasi mencapai 50%.

Musim ini, ia diberi kebebasan untuk menyerang. Hasilnya lumayan bagus, dengan mencetak 3 gol dalam 8 penampilan untuk membantu klub tersebut ke posisi keempat yang mengejutkan di klasemen sementara Liga Inggris.

3 dari 6 halaman

3. Riyad Mahrez

3. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez adalah salah satu pemain Afrika yang paling kreatif saat ini. Pemain sayap Aljazair itu merupakan otak permainan Leicester City. Musim ini, ia telah berhasil melepaskan 18 tembakan dan 245 umpan.

Setelah awal yang lambat di awal musim, Riyad Mahrez sudah mencetak 2 gol dan satu assist lagi. Mantan pemenang penghargaan PFA Player of the Year ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu penyerang terbaik di Liga Inggris.

Dengan kaki kirinya yang mengesankan, dribbling serta tembakan jarak jauh, Mahrez bahkan sempat jadi bidikkan Barcelona. Dia bisa bermain sebagai gelandang atau sebagai pemain depan di sayap kanan, memotong di dalam kotak penalti, menciptakan peluang dan mencetak gol.

4 dari 6 halaman

2. Sadio Mane

2. Sadio Mane

Sejak Liverpool merekrutnya dari Southampton musim lalu, Mane boleh dibilang telah mengambil alih Liga Inggris. Cara dia bermain benar-benar luar biasa.

Dia memiliki umpan pendek yang sangat bagus, dan bisa menyisir sampai di dalam kotak. Pemain asal Senegal itu sering menciptakan peluang bagi rekan setimnya dan juga berkontribusi dalam hal gol.

Mane bisa bermain sebagai gelandang serang atau sebagai pemain depan di kedua sisi lapangan. Dia sudah mengantongi 3 gol musim ini untuk menjaga Liverpool dalam perebutan gelar. Ia juga menyelesaikan 12 tembakan dan 145 umpan dengan akurasi 58%.

5 dari 6 halaman

1. Mohamed Salah

1. Mohamed Salah

Liverpool mendatangkan Salah dari Roma pada bursa transfer musim panas lalu. Sejak saat itu ia menjadi sosok berpengaruh di Anfield.

Langkahnya tak tertandingi dan dia bisa mengalahkan banyak bek dengan kecepatan luar biasa. Selain itu, gelandang asal Mesir itu juga merupakan sosok pemain kreatif dan finisher.

Salah saat ini Afrika merupakan skor tertinggi di liga. Dia mengemas 4 gol dan 1 assists yang membuat The Reds dalam perebutan gelar. Dia juga telah menyumbangkan 28 tembakan dan 199 umpan untuk Liverpool.

Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
David Villa Makin Semangat Bela Timnas Spanyol
Artikel Selanjutnya
4 Pemain Terbaik Belgia di Liga Inggris