Sukses

5 Skenario Marquez Kunci Gelar Juara MotoGP di Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, tinggal selangkah lagi mengunci gelar juara dunia [MotoGP] (3137097 "") 2017. Skenarionya, dia hanya membutuhkan 18 poin tambahan saat balapan di MotoGP Malaysia, akhir pekan ini.

Marquez tampil cemerlang di MotoGP Australia yang digelar di Phillip Island, Minggu (22/10/2017). Dia meraih 25 poin tambahan dan semakin kokoh di puncak klasemen.

Sementara rival terdekatnya, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, tak bisa banyak bicara di Phillip Island. Dovizioso hanya meraih tiga poin tambahan setelah finis di posisi ke-13.

Hasil ini membuat Marquez berpeluang besar mengunci gelar MotoGP 2017 di Sirkuit Sepang. Saat ini, pembalap Repsol Honda Team itu sudah mengumpulkan 269 poin, unggul 33 angka dari Dovizioso.

Ada lima skenario yang memungkinkan Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2017 di Sirkuit Sepang. Lihat di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skenario Marquez Juara di MotoGP Malaysia

1. Marquez dan Dovizioso sama-sama tidak mendapat poin di Sirkuit Sepang. Bila skenarionya seperti ini, hasil di MotoGP Valencia, 12 November 2017 tak akan berpengaruh, karena Marquez unggul 33 poin.

2. Meraih podium pertama di Sirkuit Sepang, Marquez sudah pasti menjadi juara MotoGP 2017. Jumlah poinnya menjadi 294 poin dan sudah tidak mungkin dikejar Dovizioso.

3. Finis di posisi kedua di Sirkuit Sepang, Marquez sudah bisa meraih gelar juara dunia. Jika Marquez bisa finis di urutan tersebut, pebalap Spanyol ini akan menerima tambahan 20 poin sehingga total raihan poinnya menjadi 289.

Hal itu sulit dikejar Dovizioso, meski juara di Sepang. Bila pembalap Italia itu menjuarai MotoGP Malaysia, jumlah poinnya akan menjadi 261. Dengan keunggulan 28 poin, Marquez sudah bisa mengunci gelar. Hasil di seri terakhir MotoGP 2017, Valencia sudah tidak berarti apa-apa.

 

3 dari 3 halaman

Skenario Marquez Juara di MotoGP Malaysia

4. Bila Dovizioso bisa finis di posisi kedua MotoGP Malaysia, maka poinnya menjadi 256. Bila demikian, Marquez harus berada di posisi ketiga. Tambahan 16 poin bakal membuatnya mengumpulkan 285 poin. Itu artinya, pembalap berusia 24 tahun itu akan memiliki selisih 29 poin dengan Dovizioso.

5. Dovizioso meraih podium ketiga jumlah poinnya akan menjadi 252. Sementara Marquez cukup finis di posisi ketujuh di Sirkuit Sepang. Tambahan sembilan poin akan membuatnya mengoleksi 278 poin. Dengan selisih 26 poin, hasil MotoGP Valencia tidak bakal berpengaruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.