Sukses

Bungkam Persiba, PSM Makassar Kuasai Klasemen Liga 1

Liputan6.com, Makassar - PSM Makassar membuktikan diri sebagai tim yang masih berpeluang menjadi juara Liga 1 2017. Peluang mereka semakin terbuka usai menghajar Persiba Balikpapan 3-1 di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (24/10/2017).

Tambahan tiga poin membuat PSM Makassar meneruskan tren positif mereka. Hanya satu kekalahan yang mereka telan dari 13 laga terakhir. Dan kini mereka pun berhak menggusur Bhayangkara FC dan Bali United untuk menguasai puncak klasemen.

Saat ini PSM mengoleksi 61 poin dari 31 pertandingan, unggul dua poin atas Bhayangkara FC dan tiga poin atas PSM. Namun, mereka masih berpotensi kembali digusur karena Bhayangkara FC dan Bali United belum memainkan laga pekan ke-31.

PSM yang tengah dalam tren positif menurunkan kekuatan penuh saat tampil di hadapan pendukungnya sendiri. Bahkan, tim besutan Robert Rene Alberts itu tak butuh waktu lama untuk membuka keunggulan.

Laga baru berjalan 15 menit, Rizky Pellu sukses mencatatkan namanya di papan skor. Ia melepaskan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti setelah menerima umpan Zulham Zamrun.

Unggul 1-0 membuat PSM Makassar semakin percaya diri. Tim berjuluk Juku Eja itu terus menggempur pertahanan Persiba. Salah satu peluang diciptakan Ferdinand Sinaga di menit ke-31. Sayang, meski sudah berhadapan langsung dengan kiper Yoewanto Stya Beny, ia tetap gagal mencetak gol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Ferdinand

Ferdinand juga kembali mendapatkan peluang di menit ke-43. Namun, bola sundulannya masih mengarah tipis ke atas gawang Persiba. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 1-0 tuan rumah.

Jelang babak kedua dimulai, pelatih Rene Alberts menarik Pavel Puryshkin untuk memainkan Muhammad Rachmat. Namun, awal babak kedua justru dihiasi dengan gempuran Persiba. Pada akhirnya, tim Beruang Madu bisa menyamakan skor lewat Junior Lopes di menit ke-58.

Namun, skor itu juga tak bertahan lama. Tiga menit kemudian, Ferdinand kembali membawa PSM unggul 2-1. Kali ini ia sukses meneruskan umpan terobosan Willem Jan Pluim. Dan kolaborasi kedua pemain tersebut tak hanya sampai di situ.

Empat menit jelang waktu normal berakhir, Ferdinand sukses mencetak gol keduanya dengan bantuan Pluim. Pertarungan pun ditutup dengan kemenangan 3-1 PSM. Kemenangan itu yang membawa mereka ke puncak.

Susunan Pemain:

PSM: Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Steven Anthony Paulle, Wasyiat Hasbullah, Marc Anthony Klok, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, Pavel Purishkin

Persiba: Yoewanto Stya Beny; Yudi Khoerudin, Junior De Araujo Lopez, Absor Fauzi, Iqbal Samad, Alfath Faathier, Bryan Cesar Ramadhan, Anmar Almubaraki, Srdjan Lopicic, Muhammad Ilhamul Irhaz, Maldini Pali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.