Sukses

Deretan Fakta Menarik Jelang MotoGP Malaysia 2017

MotoGP Malaysia 2017 akan menghadirkan duel seri Marquez dan Dovizioso.

Liputan6.com, Sepang - MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10/2017), bisa menjadi pertarungan terakhir Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dalam perebutan gelar juara dunia musim 2017. Di atas kertas, Marquez jelang lebih diunggulkan.

Hasil pada MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017), membuat pembalap Repsol Honda itu berpeluang besar menjadi juara. Sukses merebut podium pertama, perolehan poin The Baby Alien pun semakin melebar.

Kini, Marquez kokoh di puncak klasemen dengan raihan 269 poin. Ia unggul 33 poin atas Dovizioso, pembalap Ducati yang finis di urutan ke-13. Dengan sisa dua balapan, akan sulit bagi Dovizioso untuk bisa mengalahkan Marquez.

Dengan selisih jarak sebesar itu, peluang Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP 2017 di Sepang terbuka lebar. Namun, MotoGP Malaysia juga tak hanya menjadi momen pertarungan Marquez dan Dovizioso.

Jelang balapan tersebut, ada beberapa fakta menarik yang juga layak diketahui. Berikut adalah kumpulan fakta menarik jelang balapan MotoGP Malaysia 2017:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta-Fakta Menarik

1. Pertama kali balapan MotoGP Malaysia digelar di Sirkuit Shah Alam pada 1991. Pembalap Yamaha, John Kocinski tampil sebagai pemenang.

2. Valentino Rossi tercatat sebagai pengoleksi kemenangan terbanyak di Malaysia. Di semua kelas, pembalap Movistar Yamaha itu sudah mengumpulkan tujuh kemenangan.

3. Soal tim, Honda adalah pengoleksi kemenangan terbanyak. Di semua kelas, pabrikan Jepang itu sudah mengumpulkan 29 kemenangan, unggul jauh atas Aprilia yang baru meraih delapan kemenangan.

4. Di musim lalu, Dovizioso (Italia) memutus rentetan kemenangan pembalap Spanyol pada MotoGP Malaysia 2012-2014.

5. MotoGP Malaysia 2011 dihiasi dengan momen meninggalnya pembalap Honda Gresini, Marco Simoncelli. Balapan itu diputuskan untuk tidak dilanjutkan hingga akhir.

6. Sejak naik kelas MotoGP, hanya sekali Marquez mampu meraih podium juara di Sepang, yakni pada musim 2014.

7. Sepang adalah sirkuit yang dilengkapi dengan 10 tikungan ke kanan dan lima tikungan ke kiri. Lintasan lurusnya sepanjang 920 m.

8. Setelah pindah dari Shah Alam, Kenny Roberts Jr menjadi pembalap pertama yang meraih kemenangan pada kelas MotoGP di Sepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.