Sukses

Jadi Sorotan Dunia, Berapa Kecepatan Terens Puhiri?

Benarkah kecepatan Terens Puhiri saat menjebol Mitra Kukar melebihi pelari Usain Bolt?

Liputan6.com, Jakarta Terens Puhiri mencuri perhatian dunia. Kecepatan pemain Pusamania Borneo FC tersebut kini ramai dibicarakan di media sosial dan jadi sorotan media-media luar negeri. 

Terens Puhiri mendunia setelah mencetak gol ke gawang Mitra Kukar dalam lanjutan Liga 1, 23 Oktober lalu. Saat itu, Terens melakukan solo run dengan kecepatan spektakuler dari daerah pertahanan sendiri sebelum akhirnya berhasil memperdayai kiper Naga Mekes. 

Cuplikan gol tersebut kini tersebar di berbagai media. Bahkan media asal Inggris, DailyMail, menduga Terens lebih cepat dari pemain Manchester City, Leroy Sane, yang jadi tercepat di Liga Inggris. Sane diketahui memiliki kecepatan lari hingga 35,48 km per jam (22.05 mph).

Bila dikonversi ke dalam satuan panjang meter, Sane hanya butuh waktu kira-kira 10 detik untuk berlari sejauh 100 meter. Angka yang fantastis bagi seorang pesepak bola. Kecepatan seperti ini biasanya dimiliki oleh sprinter-sprinter ternama, seperti usain Bolt. 

Kecepatan Terens Puhiri, tentu sulit diketahui secara pasti. Sebab teknologi milik Liga 1 belum semutakhir Premier League. 

Pemain berusia 21 tahun itu juga tidak pernah mengukurnya. Dia mengaku hanya berusaha memberikan yang terbaik bagi timnya. Namun dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Terens mengaku sudah maksimal saat mencetak gol ke gawang Mitra Kukar, Senin lalu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berapa Kecepatan Terens?

Sejumlah media berusaha mencari tahu kecepatan Terens saat mencetak gol ke gawang Mitra Kukar. Salah satunya Digg.com, yang melakukan perhitungan secara manual   mengacu pada jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan Terens saat mencetak gol.

Lalu seberapa cepat Terens berlari?

Menurut Digg.com, kecepatan Terens, kira-kira 19 mil per jam atau sekitar 30,58 km per jam. Angka ini muncul dengan asumsi lapangan FIFA panjangnya mencapai 120 yards atau 110 meter. Dalam cuplikan video terlihat Terens berlari dari jarak sekitar 35 yard (32 m).

Penunjuk waktu pada layar menunjukkan, Terens berlari mulai 69:52 dan mencapai jarak sekitar 30 yard atau 27,4 meter dari gawang lawan pada 69:52. Jadi untuk jarak sejauh 55 yards atau setara 50,2 meter, Terens kira-kira hanya membutuhkan waktu enam detik. 

Dengan demikian, kecepatan yang Terens mencapai 19 mil per jam (30,58 km/jam). Sebagai catatan, saat mencetak rekor lari 100 meter, kecepatan Usain Bolt mampu mencapai 23,3 mil per jam (37,4 km/jam). Bedanya, Bolt diuntungkan karena tidak harus tampil selama 69 menit sebelumnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.