Sukses

Tekad Timnas Guyana Unjuk Gigi Kala Hadapi Timnas Indonesia

Timnas Guyana tidak sabar melawan Timnas Indonesia.

Jakarta Timnas Guyana menganggap pertandingan uji coba melawan Timnas Indonesia sebagai tolak ukur kemampuan mereka. Oleh karena itu, para pemain Guyana siap berunjuk gigi mengeluarkan skill terbaik demi mengalahkan Tim Garuda. 

Federasi Sepak Bola Guyana (GFF) menyambut baik undangan PSSI yang mengajak Timnas Guyana beruji coba melawan Timnas Indonesia. Direktur Teknik GFF, Ian Greenwood, mengatakan, ini merupakan laga uji coba pertama Guyana di luar konfederasi atau bermain di Asia pertama kali. 

"Akan jadi kesempatan fantastis bagi pemain-pemain kami untuk merasakan berbagai tipe permainan yang berbeda dan berbagai tipe lawan. Departemen Teknik GFF telah mendorong pemain untuk memiliki skill dan fungsi yang efektif di lingkungan yang ingin kami bangun pada 2018, yang akan jadi tahun kompetitif," ujar Ian Greenwood seperti dikutip di situs resmi GFF.

Pelatih interim Timnas Guyana, Wayne Dover, ikut sepakat dengan hal itu. Menurutnya, uji coba nanti sangat penting untuk mengetahui level Timnas Guyana serta jadi sarana untuk memamerkan talenta pemain lokal Guyana.

"Jika kami mendapatkan hasil positif, hal itu bisa menambah nilai jual kami di hadapan sponsor, menarik lebih banyak pemain lokal ke dalam keluarga besar (GFF), dan meningkatkan ranking GFF di FIFA. Semua ini bisa menciptakan timnas yang tangguh dan benar-benar bisa mencerminkan Timnas Guyana yang kuat," timpal Wayne Dover.

Dalam pernyataannya, GFF diagendakan menjalani dua partai uji coba di Indonesia. Pertama, melawan salah satu tim Liga 1, yang belum ditentukan tanggalnya sebagai pemanasan melawan Timnas Indonesia. Kemudian uji coba kedua, melawan Timnas Indonesia, pada 25 November 2017.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, awal pekan ini mengungkapkan bila dua laga uji coba itu masing-masing dimainkan pada 18 dan 25 November 2017 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Hanya, keinginan GFF untuk mendapat poin dari uji coba kontra Timnas Indonesia tidak akan terwujud karena laga ini digelar di luar agenda matchday FIFA yang berlangsung pada 6-14 November 2017.

Namun, GFF tetap bisa menambah poin mereka untuk penghitungan ranking di FIFA karena mereka juga menerima undangan uji coba melawan Trinidad dan Tobago. Partai persahabatan ini digelar pada 14 November 2017 di Stadion Ato Bolton, Trinidad. 

Di sisi lain, Guyana merupakan salah satu negara yang terletak di Amerika Selatan. Timnas berjulukan The Golden Jaguar ini jadi satu dari tiga negara di Amerika Selatan yang masuk konfederasi CONCAFAF (Amerika Utara, Amerika Tengah, dan wilayah Karibia).

Per 16 Oktober 2017, Timnas Guyana menduduki peringkat ke-165 dalam ranking FIFA. Pada edisi November 2010, mereka pernah memiliki ranking FIFA tertinggi, yakni 86, sementara 186 jadi ranking terendah yang pernah dicatatkan di FIFA (Februari 2004).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.