Sukses

Asa Juara Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso berhasil memperpanjang nafas untuk menjadi juara dunia, setelah memenangi MotoGP Malaysia.

Liputan6.com, Sepang - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, tampil heroik di MotoGP Malaysia, Minggu (29/10/2017). Pembalap 31 tahun itu berhasil keluar sebagai yang terbaik.

Sejak awal, Andrea Dovizioso memang harus memenangkan balapan MotoGP Malaysia. Ini penting agar tetap membuka peluang juara dunia. Pasalnya, ia tertinggal 33 poin dari pembalap Honda Marc Marquez di puncak klasemen.

Dengan kemenangan ini, Dovi berhasil memperpanjang nafas untuk menjadi juara dunia. Ia memaksa perebutan titel ditentukan pada seri terakhir di Valencia. Selisih poin kedua pembalap pun menipis jadi 21 angka (Dovizioso 261 poin, Marquez 282 poin).

Untuk Dovi, kemenangan di Sepang sendiri ia raih setelah mengungguli Jorge Lorenzo yang merupakan rekan satu timnya sendiri. Lorenzo membuat kesalahan, yang bikin dirinya nyaris jatuh, sebelum disalip Dovi di lap terakhir.

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso memacu motornya selama balapan MotoGP Malaysia di sirkuit Sepang, Minggu (29/10). Andrea Dovizioso memenangi balapan MotoGP Malaysia mengalahkan pembalap Repsol Horda Marc Marquez. (AP/Vincent Thian)

"Lorenzo memacu motor lebih cepat pada pertengahan balapan, namun saya memiliki kecepatan yang lebih bagus dan mampu mengaturnya karena saya kehilangan daya cengkeram ban depan cukup banyak," kata Dovizioso seusai balapan.

"Kondisi tersebut menyulitkan, namun motor kami bekerja sangat baik di lintasan basah. Ini adalah pekan yang sempurna bagi saya. Terima kasih kepada tim," ujar pebalap asal Italia ini.

Dengan satu balapan sisa, Dovi memang masih punya kans untuk menjadi juara dunia. Namun, peluang tersebut terbilang sangat tipis. Ia harus memenangi balapan sembari berharap Marquez tak finis 11 besar.

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso (dok. MotoGP)

Hal ini tampaknya akan sulit terwujud mengingat balapan terakhir akan berlangsung di 'kandang' Marquez. Seperti diketahui, seri terakhir MotoGP 2017 bakal berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 12 November 2017.

Namun, Dovi diyakini bakal mendapatkan bantuan dari sejumlah pihak untuk menjalani misi berat melewati Marquez. Selain Lorenzo yang merupakan rekan timnya di Ducati, Dovi kemungkinan akan mendapat pertolongan dari kompatriotnya sesama orang Italia, yaitu Danilo Petrucci dan Valentino Rossi.

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso selebrasi di atas podium setelah berhasil memenangkan MotoGP Malaysia di sirkuit Sepang, Minggu (29/10). Dovizioso menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 44 menit 51.497 detik. (AP/Vincent Thian)

Jadi, mampukah Andrea Dovizioso keluar sebagai juara MotoGP 2017? Kita tunggu saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.