Sukses

3 Pemain Ini Kunci Sukses Inggris Juara Piala Dunia U-17

Tim nasional Inggris di level junior juara Piala Dunia dua kali dalam setahun.

Liputan6.com, Kolkata - Timnas Inggris panen gelar di level junior pada tahun 2017. Setelah mengangkat trofi Piala Dunia U-20, Inggris berhasil menjuarai Piala Dunia U-17 lewat kemenangan 5-2 atas Spanyol, Sabtu (28/10/2017)

Bermain di Stadion Vivekananda Yuba Bharati Krirangan, Kolkata, Inggris berjaya berkat gol Rhian Brewster, Morgan Gibbs White, Marc Guehi, dan Phil Foden (2). Spanyol, yang sempat unggul lebih dulu di babak pertama lewat dua gol Sergio Gomez, pun tidak berdaya. 

Kemenangan The Young Lions pada ajang ini terasa lebih spesial karena dua pemain mendapat penghargaan individu. Brewster meraih Sepatu Emas dengan koleksi enam gol. Sementara gelandang tengah Foden dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia U-17.

Dari fase grup hingga final, didikan akademi Manchester City tersebut selalu dimainkan manajer Steve Cooper. Dia sukses mencetak tiga gol dan satu assist, termasuk dua di final.

Dengan pencapaian di Piala Dunia U-17 ini, Foden dan kawan-kawan berhasil menyamai rekor Brasil pada 2003 saat mengawinkan gelar dengan Timnas U-20. Sebab sebelumnya Piala Dunia U-20 berhasil dimenangkan Inggris pada Juni lalu usai mengalahkan timnas Venezuela 1-0.

Situs penyedia data dan berita transfer Transfermarkt mencatat, bukan hanya Foden yang jadi pemain kunci di Inggris. Ada dua pilar The Three Lions yang tampil lebih baik dari remaja 17 tahun tersebut, meski ada yang tak tampil di semua laga.

Siapa saja permain tersebut?  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jadon Sancho

Sancho merupakan winger kiri andalan Timnas Inggris di Piala Dunia U-17 ini. Namun dia hanya tampil di tiga laga awal. Sebab, Borussia Dortmund memanggilnya pulang.

Hanya tampil tiga kali bersama The Three Lions, nyatanya Sancho bisa mencetak tiga gol dan menyumbangkan dua assist di babak Grup F Piala Dunia. Pemain berdarah Trinidad-Tobago disebut-sebut sebagai salah satu talenta paling bersinar di Eropa.

 

3 dari 4 halaman

2. Rhian Brewster

Brewster berturut-turut mencetak hattrick pada kemenangan Inggris U-17 di perempat final dan semifinal. Striker didikan akademi Liverpool tersebut dipandang sebagai aset berharga klub oleh manajer Jurgen Klopp.

Brewster mencetak delapan gol, terbanyak di antara pemain lain selama Piala Dunia U-17. Koleksi gol tersebut mengantarkan sebagai peraih trofi Sepatu Emas.

 

4 dari 4 halaman

3. Phil Foden

Brewster jadi topik utama berita timnas Inggris di Piala Dunia U-17. Tapi Phil Foden merupakan tokoh kunci yang mengatur serangan Inggris.

Playmaker Manchester City ini sebelumnya bersinar selama pramusim bersama manajer Pep Guardiola. Usai kemenangan Inggris, Guardiola berharap timnas senior Inggris akan lebih hebat di masa depan dengan adanya Foden.

"Dia bermain di Piala Dunia. Inggris bisa menjadi juara dunia dengannya," tutur Guardiola dilansir Manchester Evening News. "Ketika pemain itu tumbuh dan bermain di Piala Dunia di masa depan, dia telah menjalani situasi yang sama seperti sebelumnya. Dia akan tahu apa yang harus dilakukan," ucap Guardiola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini