Sukses

Timnas Indonesia U-19 Pesta Gol ke Gawang Brunei

Timnas Indonesia U-19 menempati posisi teratas klasemen Grup F kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

Liputan6.com, Paju - Timnas Indonesia U-19 mengawali petualangan pada Grup F kualifikasi Piala Asia U-19 2018 dengan sempurna. Melawan Brunei di Paju Public Stadium, Selasa (31/10/2017), timnas menang lima gol tanpa balas.

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia U-19 untuk sementara menguasai klasemen Grup F kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Mereka unggul selisih gol atas Malaysia yang menang 3-1 atas Timor Leste. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Timor Leste, Kamis (2/11/2017).

Di awal babak pertama, Timnas U-19 sedikit unggul dalam memegang kendali permainan. Dengan Egy Maulana sebagai motor serangan, berulang kali Garuda Nusantara membuat lini belakang Brunei ketar-ketir.

Pada menit kelima, Witan Sulaiman mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti usai menerima operan Muhammad Iqbal. Namun, arah bola masih jauh dari sasaran.

Hingga menit kedelapan, timnas U-19 masih mampu memaksa Brunei hanya bermain setengah lapangan. Sayang, belum ada peluang yang bisa dimaksimalkan, termasuk percobaan dari Witan di menit kesembilan.

Kebuntuan timnas U-19 akhirnya pecah di menit ke-13. Berawal dari kerja sama antara Iqbal dan Firza Andika, tandukan Muhammad Rafli Mursalim tak mampu diantisipasi kiper Brunei, Rahimin.

Di menit ke-15, Timnas Indonesia U-19 nyaris menambah gol. Umpan sontekan Egy Maulana mengarah ke Iqbal yang sudah masuk ke kotak penalti Brunei. Sayang, satu sentuhan Iqbal gagal menjadi gol. Tiga menit kemudian, Iqbal melakukan tendangan chip yang sayangnya masih mudah ditangkap Rahimin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gol Tambahan

Di menit ke-22, Rafli sempat berhadapan satu lawan satu dengan Rahimin. Namun, kiper Brunei itu masih lebih cepat dalam menghalau bola umpan terobosan timnas U-19.

Lebih banyak terkurung, Brunei baru bisa melakukan tendangan percobaan mereka di menit ke-26. Terlihat terlalu memaksakan diri karena Hariz melakukannya jauh dari kotak penalti. Semenit kemudian, giliran Egy yang mengancam, tapi tendangannya masih sedikit melenceng di sisi kiri gawang Brunei.

Terus tertekan, Brunei pun sudah melakukan pergantian pemain di menit ke-31. Muhammad Firdaus dimasukkan untuk menggantikan Mohammad Hadif Aiman. Di menit ke-34, Iqbal mendapat kartu kuning karena melakukan diving di kotak penalti Brunei.

Setelah bersusah payah, timnas U-19 akhirnya mendapatkan gol keduanya di menit ke-44. Berawal dari sepak pojok Egy Maulana, sundulan Asnawi Mangkualam memaksa Haris Herman melakukan bunuh diri. Duel babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 2-0 timnas U-19.

Babak kedua akan dimulai, pelatih Indra Sjafri melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Syahrian Abimanyu masuk menggantikan Asnawi dan Saddil Ramdani menggantikan Witan.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tanpa butuh waktu lama, timnas U-19 langsung menambah keunggulan di menit ke-51. Iqbal sukses memanfaatkan bola liar hasil tendangan Egy Maulana dan operan Rafli. Dengan cerdik Iqbal mencungkil bola melewati atas kepala kiper Rahimin.

Lima menit kemudian, timnas U-19 kembali memperbesar keunggulan. Aksi individu Egy Maulana diakhiri dengan tendangan ke sudut kiri gawang Brunei. Unggul 4-0 tentu membuat timnas U-19 semakin percaya diri.

Di menit ke-58, Rafli mendapatkan peluang untuk mencetak gol keduanya. Menerima umpan lambung dari sisi kiri, Rafli tidak dalam posisi bagus untuk menyambut bola dengan sundulan.

Di menit ke-61, timnas U-19 kembali menambah pundi-pundi golnya. Diawali sepak pojok mendatar Egy Maulana, Saddil yang menerima bola langsung melepaskan tendangan keras kaki kiri. Kiper Rahimin tak berdaya saat bola masuk gawangnya untuk kali kelima.

Tertinggal 0-5, Brunei mencoba untuk bermain keluar. Namun, belum sampai ke kotak penalti lawan, bola yang mereka kuasai terlalu sering direbut para pemain Garuda Nusantara.

Di sisa waktu, ada banyak begitu peluang yang diciptakan timnas U-19. Namun, tak ada satu pun yang menjadi gol tambahan. Pertarungan pun ditutup dengan kemenangan lima gol tanpa balas timnas U-19.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19: Aqil Savik; Rachmat Irianto, Rifad Marasabessy, Firza Andika (Samuel Simanjuntak 71), Nurhidayat; Muhammad Iqbal, Luthfi Baharsyah, Witan Sulaeman (Saddil Ramdani 46), Firza Andika, Asnawi Mangkualam (Syahrian Abimanyu 46), Rafli Mursalim, Egy Maulana

Timnas Brunei U-19: Rahimin, Abdul Wadud, Nur Aiman, Norsamri, Adanan, Adi Shukry, Danish Aslan, Nazhan Bin Zulkifle, Hariz Bin Herman, Mutalip, Salleh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.