Sukses

Prediksi Timnas U-19 Vs Timor Leste: Bidik Menang Besar Lagi

Liputan6.com, Paju - Timnas Indonesia U-19 bakal meneruskan kiprah pada laga Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 kontra Timor Leste, Kamis (02/11) di Paju National Football Center, Paju, Korea Selatan. Saatnya untuk melanjutkan tren positif yang sudah didapatkan sebelumnya.

Garuda Nusantara bukan cuma berhasil menang lima gol tanpa balas kontra Brunei Darussalam, tapi punya statistik gemilang. Sepanjang laga, mereka mencatatkan 37 percobaan, 90 persen akurasi umpan, dan 84% penguasaan bola.

Nah, melawan Timor Leste, Timnas Indonesia U-19 bisa meneruskan kiprahnya. Meski cuma sekali bersua pada level muda, Garuda Nusantara tetap diunggulkan atas Timor Leste. Bahkan, Timnas Indonesia U-19 sepatutnya bisa menang besar.

Pelatih Indra Sjafri pernah bersua Timor Leste saat tangani Timnas Indonesia U-19 pada 2013 lalu. Kala itu Indonesia menang 2-0 atas lawannya itu berkat gol Ilham Udin Armayn dan Muhammad Hargianto.

Kondisi ini tentu membuat Indra paham betul dengan karakteristik permainan Timor Leste. Terlebih, Indonesia punya Muhammad Rafli yang tengah tokcer.

1 dari 4 halaman

Rotasi Pemain

Pemain jebolan Liga Santri itu sudah mengemas empat gol dalam lima laga terakhir bersama Timnas Indonesia U-19 pada semua ajang. Gol Rafli, jelas dinantikan dalam laga nanti.

"Timor Leste sekali lagi kami tetap waspadai semua pemainnya, meskipun mereka kalah dari Malaysia di laga kemarin. Kami juga telah melihat dan mengetahui cara bermain mereka. Ada kemungkinan saya akan rotasi pemain, namun kita tunggu hingga besok," ungkap Indra Sjafri sebelum laga.

Akan tetapi, meremehkan Timor Leste malah bisa menjadi malapetaka. Karena faktanya, mereka belakangan berkembang pesat pada sepak bola usia mudanya.

Bayangkan, dalam kurun satu dekade terakhir, Timor Leste sudah dua kali lolos ke semifinal Piala AFF U-19. Mereka juga pernah raih juara ketiga pada Piala AFF U-19 2013 lalu. Hal itu setelah mereka kalahkan 4-2 Laos pada perebutan juara ketiga.

Ada satu nama yang juga wajib diwaspadai dari timnas berjuluk The Raising Sun itu, yakni Lourenco Ximenes. Pada Piala AFF U-19 2017 lalu, pemain berposisi penyerang itu kemas tiga gol untuk negaranya.

Lantas, mampukah Timnas U-19 meneruskan tren positifnya?

2 dari 4 halaman

Fakta Pertandingan

Fakta Pertandingan

- Indonesia baru sekali menghadapi Timor Leste di level U-19 dan menag 2-0.

- Uniknya, saat itu Indra Sjafri yang menangani tim. Jadi, mantan pelatih Bali United itu jelas sudah tahu karakteristik permainan The Raisin Sun.

- Timor Leste belakangan bangkit pada level muda. Sudah dua kali lolos ke semifinal Piala AFF U-19, salah satunya berbuah juara ketiga.

- Akan tetapi, Timor Leste belum pernah lolos ke ajang Piala Asia U-19.

- Patut diingat, Timor Leste juga lumayan produktif di Piala AFF U-19 lalu. Mereka mengemas tiga gol dalam lima laga dan cuma kebobolan tiga gol.

3 dari 4 halaman

Prediksi Starter

Prakiraan Susunan Pemain:

Indonesia U19: M. Aqil Savik; Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Haris Nurhidayat, Samuel Simanjuntak; M. Iqbal, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara Putra, Feby Eka Putra.

Timor Leste U19: Fragenio Da Cruz; Orcelio Nobelito Moises, Tomas Sarmento, Filomeno Junior da Costa, Gumario da Silva Moreira; Yohanes Kapitan Gusmao, Expedito Soares da Conceaio, Job Mark Freitas, Jeremias Baptista; Joao Panji Soares, Lorinco Ximenes.

(Eka Setiawan)

Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala AFF U-18, Timnas Indonesia Vs Filipina
Artikel Selanjutnya
Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia U-19 Vs Myanmar U-19