Sukses

Egy Maulana Hattrick, Timnas Indonesia U-19 Berjaya

Timnas Indonesia U-19 memperkokoh posisi di urutan teratas klasemen Grup F dengan enam poin dari dua laga.

Liputan6.com, Paju - Timnas Indonesia U-19 melanjutkan tren positif pada laga Grup F kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Melawan Timor Leste di Paju Public Stadium, Kamis (2/11/2017), skuat Garuda Nusantara menang lima gol tanpa balas.

Saddil Ramdani dan Egy Maulana menjadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia U-19. Masuk di awal babak kedua, masing-masing keduanya mampu menyumbang gol, termasuk hattrick yang dikemas Egy. Timnas pun semakin kokoh di puncak klasemen Grup F dengan kemenangan itu.

Pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengambil sebuah keputusan yang terbilang berani pada laga melawan Timor Leste. Itu karena ia mencadangkan pemain inti, Egy Maulana Vikri. Tampaknya, Indra sengaja menyimpan tenaga Egy untuk melawan Korea Selatan dan Malaysia.

Tanpa butuh waktu lama, timnas U-19 langsung mendapatkan tendangan ke gawang pertamanya. Tendangan bebas Muhammad Iqbal di menit ketiga memaksa kiper Fernando Da Costa melakukan penyelamatan.

Penguasaan bola masih terus dipegang skuat Garuda Nusantara hingga menit ke-10. Namun, mereka terlihat masih kesulitan masuk ke kotak penalti Timor Leste besutan Kim Shinhwan itu.

Justru, beberapa kali Timor Leste merepotkan pertahanan timnas Indonesia. Gawang timnas U-19 sempat terancam di menit ke-14. Berawal dari skema tendangan bebas, tepisan kiper Muhammad Aqil Saviq menghasilkan bola liar. Untungnya, Ervino Alessandro Soares di menit keempat.

Dua menit kemudian, giliran timnas Indonesia U-19 yang mendapatkan peluang emas. Manuver Rifad Marasabessy menghasilkan sebuah sepakan yang mengenai tiang gawang Timor Leste. Sayang, upaya timnas U-19 belum menghasilkan gol.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Buntu

Sadar kalah penguasaan bola, Timor Leste pun mencoba memainkan bola panjang. Di menit ke-20, upaya mereka nyaris membuahkan gol. Satu menit kemudian, timnas U-19 membalas dengan percobaan Muhammad Luthfi dari luar kotak penalti yang masih sedikit melenceng.

Di menit ke-29, timnas U-19 kembali mendapatkan peluang. Asnawi Mangkualam melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis kiper Timor Leste. Di menit ke-34, Timor Leste nyaris mencetak gol lewat Danilson Conceicao.

Untungnya, tendangannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang timnas U-19. Dua menit kemudian, Danilson kembali mengancam dan lagi-lagi sepakannya mengarah ke sisi kanan gawang Garuda Nusantara.

Di menit ke-38, lagi-lagi peluang timnas U-19 hanya membentur tiang gawang. Sepakan bebas Witan Sulaiman yang sempat mengenai pagar betis mengarah ke tiang atas gawang Timor Leste.

Situasi itu bertahan hingga pertandingan berakhir. Kedua tim harus masuk ke ruang ganti dengan skor 0-0.

3 dari 4 halaman

Babak 2

Usai banyak membuang peluang di babak pertama, Indra membuat perubahan sebelum babak kedua dimulai. Ia memainkan Egy Maulana dan Saddil Ramdani. Enam menit kemudian, ia langsung memecahkan kebuntuan timnas U-19.

Dengan sedikit menggocek, pemain Persela Lamongan itu melepaskan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Kiper Timor Leste pun tak berdaya mengantisipasi tendangan geledek Saddil.

Di menit ke-54, Timor Leste sempat menjebol gawang timnas U-19. Namun, gol yang dicetak Yohanes Kapitan Gusmao dianulir karena berada dalam posisi offside.

Keunggulan timnas U-19 bertambah di menit ke-60. Menerima umpan Rifad, Hanis Saghara mampu mengecoh kiper Timor Leste dengan tendangan ke arah sudut kanan gawang mereka. Kepercayaan diri Garuda Nusantara pun kian bertambah dengan gol Hanis.

Di menit ke-69, Rifad ikut membantu timnas U-19 untuk menggempur lini belakang Timor Leste. Sayang, tendangan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti masih bisa diamankan kiper Timor Leste.

 

4 dari 4 halaman

Hattrick Egy

Perubahan kembali dilakukan Indra di menit ke-71. Feby Eka Putra dimainkan untuk menggantikan Iqbal. Setelah itu, timnas U-19 masih mengandalkan keunggulan penguasaan bola untuk membuat Timor Leste frustrasi.

Memasuki menit ke-79, sejatinya timnas U-19 memiliki peluang emas untuk mencetak gol ketiga. Manuver Egy Maulana diakhiri dengan operan matang kepada Hanis. Anehnya, Hanis yang berdiri bebas malah mengoper bola, bukan menendang langsung.

Gol ketiga timnas U-19 akhirnya tercipta di menit ke-84. Lewat skema serangan balik, Egy dengan dingin menyelesaikan sebuah operan untuk menjebol gawang Timor Leste.

Tiga menit kemudian, Egy kembali mencetak gol lewat tendangan bebas mendatar. Tak cukup sampai di situ, Egy sukses mengukir hattrick di menit ke-91. Menerima umpan Rifad dari sisi kanan, pemain asal Sumatera Utara itu tak kesulitan mencetak gol. Laga pun ditutup dengan kemenangan 5-0 timnas U-19.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19: Muchamad Aqil Savik; Nurhidayat, Firza Andika, Muhammad Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Muhammad Iqbal, Muhamad Luthfi, Witan Sulaiman, Resky Fandi Witriawan, Asnawi Mangkualam, Hanis Saghara

Pelatih: Indra Sjafri

Timor Leste: Fernando Da Costa; Orcelio Nobelito, Ervino Alrssandro Soares, Tomas Sarmento, Filomeno Junior Da Costa, Gumario Da Silva Moreira, Yohanes Kapitan, Joao Panji Soares, Expedito Soares, Job Mark Freitas, Danilson Conceicao

Pelatih: Kim Shinhwan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.