Sukses

Prediksi Persija Vs Persib: Laga Harga Diri

Liputan6.com, Solo - Partai klasik bakal terjadi pada pekan ke-33 Liga 1 2017 antara Persija Jakarta, yang berstatus tuan rumah, melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/11/2017). Meski tensi acap panas, laga selalu berakhir sama imbang beberapa pertandingan belakangan ini.

Jelang laga nanti, Macan Kemayoran tengah dalam tren positif. Mereka berhasil meraih dua kemenangan beruntun kontra Semen Padang dan Borneo FC pekan lalu.

Apalagi, Persija kali ini akan tampil dengan skuat penuh. Tentu melawan Persib bukan sekadar tiga poin yang dicari, melainkan harga diri.

Ini adalah partai ke-38 duel klasik kedua kesebelasan. Secara rekor pertemuan, Persija unggul di atas Persib dengan meraih 15 kemenangan. Sementara tim tamu baru kemas enam kali.

Persija tentunya punya peluang besar untuk raih poin penuh menghadapi sang seteru. Sebab, dalam enam pertandingan kandang sebelumnya, mereka tak sekalipun menelan kekalahan dari Persib.

Jelas, tren positif tersebut bisa kembali diteruskan di Solo. Terlebih, sang ikon, Bambang Pamungkas, tengah tokcer sejauh ini. Dia sudah kemas tiga gol dalam dua laga terakhirnya di Liga 1.

1 dari 5 halaman

Tuah Bepe

Bepe, sapaan akrabnya, juga menjadi pemain ke-56 di Liga 1 yang mencatat gol + assist dalam satu laga. Pastinya, Persija kembali menanti tuah sang ikon, apalagi sudah sering berjumpa Persib dan tentu tahu celah yang bisa dimanfaatkan.

"Bambang pasti main. Dia juga pasti sangat berhasrat menghadapi Persib. Saya juga pasti pasang dia. Dia bisa cetak gol, kasih umpan, dan membantu tim. Dia punya semangat, dan tim sangat percaya padanya," ungkap pelatih Stefano Cugurra Teco.

Akan tetapi, Persib jelas datang ke Solo bukan untuk kalah. Mereka juga belakangan menjadi tim yang sulit ditaklukkan Macan Kemayoran. Dalam semibilan pertemuan terakhir kontra Persija, mereka tak pernah kalah, bahkan meraih dua kemenangan di antaranya.

Terlebih, Maung Bandung tengah dalam kepercayaan diri yang tinggi. Mereka baru saja menyudahi dahaga kemenangan dan menundukkan Mitra Kukar di markas. Itu adalah kemenangan pertama tim dalam sembilan laga secara beruntun.

Jika Persija punya Bepe, Persib juga punya satu andalan yang lebih muda, yakni Febri Haryadi. Penggawa Timnas Indonesia U-22 itu belakangan tengah subur dengan kemas dua gol dalam empat pertandingan terakhir.

2 dari 5 halaman

Geliat Febri

Dalam 18 kali tampil bersama Maung Bandung, Febri sudah terlibat dalam delapan gol, yakni empat gol dan empat assists. Akurasi umpannya juga mencapai 73 persen bersama Persib.

"Kami sudah persiapkan semuanya melawan Persija. Kami asah strategi lagi dan inishing lewat bola-bola crossing. Lawan Persija, kami mungkin akan maksimalkan situasi bola mati untuk bisa salah satu senjata," papar Asisten Pelatih Persib, Herrie Setyawan.

Kendati demikian, meski kedua tim tengah ada dalam tren positif, potensi imbang masih menghantui. Sebab, dalam enam pertemuan terakhir kedua tim tak mengeluarkan pemenang.

Akankah terjadi lagi dalam pertandingan di Stadion Manahan, Solo, nanti?

3 dari 5 halaman

Fakta Pertandingan

- Dalam 37 pertemuan, Persija meraih 15 kemenangan, sedangkan enam milik Persib, dan16 pertemuan lainnya berakhir imbang.

- Terakhir kali laga tampil dengan pemenang adalah pada 3 Maret 2013 lalu kala Persib menang 3-1 atas Persija di Bandung.

- Ini adalah tiga kali beruntun Persija menjamu Persib di luar Jakarta. Pada 2013 lalu laga digelar di Sleman, sedang tahun lalu dan tahun ini dimainkan di Stadion Manahan.

- Persija pernah sekali menang WO saat jamu Persib. Itu terjadi pada 4 September 2005 kala Maung Bandung tak juga muncul di lapangan.

- Persib sendiri tengah mampet keran golnya. Dalam lima laga terakhir, mereka cuma cetak empat gol, bahkan tiga kali gagal cetak gol.

Head to Head:

22/07/17 Persib 1 - 1 Persija

05/11/16 Persija 0 - 0 Persib

16/07/16 Persib 0 - 0 Persija

10/08/14 Persija 0 - 0 Persib

08/05/14 Persib 0 - 0 Persija

4 dari 5 halaman

Prediksi Starter

Lima Laga Terakhir Persija:

22/10/17 Persija 2 – 0 Semen Padang

18/10/17 Persipura 3 – 0 Persija

14/10/17 Persija 5 – 0 Gresik United

07/10/17 Sriwijaya 1 – 0 Persija

30/09/17 Persija 4 – 1 PS TNI

Lima pertandingan terakhir Persib Bandung

22/10/17 Persela 1 – 0 Persib19/10/17 Persib 0 – 0 Madura United15/10/17 PSM 2 – 1 Persib09/10/17 Persib 0 – 0 Barito Putera01/10/17 Persiba 2 – 2 Persib

Prakiraan Susunan Pemain:

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Willian Pacheco, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanusa; Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand; Rudi Widodo, Bambang Pamungkas, Bruno Da Silva Lopes.

Persib Bandung: Muhammad Natsir; Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Henhen Herdiana; Hariono, Shohei Matsunaga, Michael Essien, Kim Jeffrey, Raphael Maitimo, Febri Hariyadi.

(Eka Setiawan)

Artikel Selanjutnya
Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 27 Agustus 2017
Artikel Selanjutnya
Jadwal Liga 1 2017, Siaran Langsung Akhir Pekan Ini