Sukses

3 Cara Ciro Immobile untuk Cetak Gol

Liputan6.com, Jakarta - Striker Lazio, Ciro Immobile tengah mendapat sorotan tajam saat ini. Sebabnya tak lain adalah performanya yang begitu impresif musim ini.

Immobile sudah mencetak 14 gol dalam 11 laga di Serie A. Ia pun memimpin daftar top scorer sementara, mengungguli striker-striker top seperti Paulo Dybala (11 gol), Mauro Icardi (11), Edin Dzeko (7), dan Gonzalo Higuain (6).

Kampanye 2017/2018 pun menjadi musim terbaik bagi Immobile. Menurut catatan, belum pernah striker 27 tahun itu sesubur seperti sekarang. Sewaktu membela Borussia Dortmund, ia cuma mencetak 10 gol dalam 34 penampilan. Begitu pula saat bermain untuk Torino. Dalam dua setengah musim, Immobile hanya mencetak 28 gol dalam 48 pertandingan.

Tak cuma di Serie A, Immobile juga turut mencetak dua gol di Liga Europa. Secara keseluruhan, striker Timnas Italia itu telah mengoleksi 152 gol dalam kariernya.

Tentunya, bagi penyerang dengan naluri tinggi seperti Immobile, ada banyak cara untuk membobol gawang lawan. Dari sekian banyak cara yang dibolehkan dalam aturan, Liputan6.com merangkum tiga cara yang paling sering dilakukan Immobile dalam mencetak gol. Berikut informasi selengkapnya:

1 dari 4 halaman

Kaki Kanan (63 gol)

Dari 152 gol yang sudah dibukukan Immobile sepanjang kariernya, 63 gol di antaranya lahir dari kaki kanan. Dalam hal ini, Immobile sukses memaksimalkan kekuatan utamanya dengan baik. Ia memang tidak begitu baik menembak dengan kaki kiri. Tercatat, ia cuma 11 kali mencetak gol dengan kaki kiri.

Catatan 14 gol yang dicetak Immobile untuk Lazio di Serie A musim ini juga mayoritas lahir dari kaki kanan, yakni 6 gol. Selebihnya empat dari tendangan penalti, tiga lewat sundulan, dan sekali lewat kaki kiri.

Atas penampilan gemilangnya ini, I Biancoceleste cepat-cepat memagari Immobile dengan kontrak baru belum lama ini. Ia diikat dengan kontrak berdurasi lima tahun, yang berlaku hingga Juni 2022.

Ciro Immobile. (AFP/Alberto Pizzoli)

2 dari 4 halaman

Sundulan (15 gol)

Setelah dengan kaki kanan, cara kedua yang paling sering ditempuh Immobile untuk mencetak gol adalah menggunakan kepala. Dengan tinggi 185 sentimeter serta tubuh kokoh, tak sulit bagi mantan Sevilla itu untuk berebut bola di udara dengan pemain lawan. Tercatat, 15 gol sudah lahir lewat tandukan kepalanya.

Ciro Immobile. (AP/Filippo Venezia)

Berkah sundulan Immobile juga sudah dirasakan Lazio musim ini. Dari tiga gol yang lahir lewat kepalanya, satu di antaranya menjadi kunci kemenangan, yakni saat menghadapi Chievo di pekan kedua Serie A. Lazio akhirnya menang 1-0 lewat gol itu.

Sebagai tambahan, jumlah gol sundulan Immobile juga masih lebih banyak dari yang ia cetak melalui tendangan kaki kiri (11 gol). Itu menunjukkan bahwa kiper lawan harus hati-hati bila Immobile mendapatkan umpan lambung.

3 dari 4 halaman

Penalti (23 gol)

Ciro Immobile. (AP/Simone Arveda)

Selain cerdik mencari posisi untuk mencetak gol, Immobile juga memiliki ketenangan dalam mengeksekusi penalti. Itulah mengapa pelatih Lazio, Simone Inzaghi, mempercayakannya sebagai eksekutor utama. Musim ini saja, sudah empat gol ia cetak lewat titik putih di Serie A.

Jika ditambah satu gol yang ia cetak di laga final Piala Super Italia melawan Juventus di awal musim, di mana Lazio menang dengan skor 3-2, maka jumlahnya menjadi lima. Sedangkan musim lalu, ia mencetak enam gol lewat tendangan penalti.

Namun, bukan bersama Lazio saja Immobile dipercaya sebagai eksekutor penalti. Sejak bermain untuk tim Primavera Juventus (2009/2010), ia sudah dipercaya menjalankan peran tersebut. Secara keseluruhan, sepanjang kariernya sampai sejauh ini, sudah 23 gol diciptakan Immobile lewat tendangan penalti. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Isco Gemilang, Spanyol Pesta Gol Lawan Italia
Artikel Selanjutnya
Real Madrid Diimbangi Valencia, Zidane Ogah Salahkan Benzema