Sukses

4 Rekor yang Bisa Dicetak Dovizioso pada MotoGP Valencia

Andrea Dovizioso wajib menang pada MotoGP Valencia jika ingin menjaga asa jadi juara dunia.

Valencia - Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, memiliki tugas berat dalam menghadapi MotoGP Valencia . Dia wajib memenangi balapan yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (12/11/2017). 

Secara matematis, Dovizioso bisa menjadi juara MotoGP 2017 jika mampu menjuarai balapan di Valencia. Namun, Dovizioso harus berharap Marquez finis di bawah posisi 11. Saat ini, keduanya memang terpaut 21 poin.

Jika mampu mewujudkannya, pembalap asal Italia itu bakal mencetak empat rekor pada seri penutup MotoGP 2017 tersebut. 

Dovizioso bakal menjadi orang Italia ketiga setelah Valentino Rossi dan Marco Melandri, jika mampu menaklukkan MotoGP Valencia sebagai juara.

Predikat tersebut pun sekaligus memutus dominasi pembalap Spanyol yang sudah delapan kali juara di Valencia dalam 11 tahun terakhir. Dovizioso juga bakal mengembalikan kejayaan Ducati di Valencia yang terakhir kali dipersembahkan Casey Stoner pada 2008.

Andai menjadi juara MotoGP 2017 di Valencia, gelar tersebut menjadi yang pertama untuk Dovizioso dalam sembilan tahun kariernya pada balapan kelas primer.

Andrea Dovizioso juga bakal menjadi orang Italia ketujuh setelah Umberto Masetti, Libero Liberati, Giacomo Agostini, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, dan Valentino Rossi yang mampu menjadi juara dunia pada balapan kelas primer. Terakhir, gelar tersebut dipersembahkan Rossi pada 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.