Sukses

Datangnya Masa Paceklik Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Madrid - Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo seolah kehilangan ketajamannya. Padahal hanya enam bulan lalu, penyerang internasional Portugal ini mencetak 25 gol untuk membawa Los Blancos juara Liga Spanyol.

Ronaldo terakhir mencetak gol di Liga Spanyol saat Real Madrid menang 2-1 atas Getafe tiga pekan lalu. Total Ronaldo baru mencetak satu gol dari tujuh penampilan dia bersama tim asuhan Zinedine Zidane di Liga Spanyol musim ini.

Seperti dilansir Reuters, pencetak gol terbanyak Real Madrid saat ini adalah Marco Asensio dan Isco, masing-masing empat gol. Jumlah itu pun jauh di bawah pencapaian Lionel Messi, yang sejauh ini sudah mencetak 12 gol untuk Barcelona.

Ronaldo memang absen pada lima pertandingan musim ini dan tetap menciptakan enam gol pada Liga Champions. Tapi hanya menjaringkan satu gol dari tujuh laga di Liga Spanyol, jelas penurunan drastis bagi pemain selevel Ronaldo.

 

 

 

 

1 dari 3 halaman

48 Tembakan

Usaha Ronaldo untuk mencetak gol sesungguhnya terlihat dari jumlah tembakan yang dia coba yang mencapai 48 tembakan. Dari 48 tembakan hanya menghasilkan satu gol, penyelesaian akhir Ronaldo tentu dianggap bermasalah.

Usia dianggap salah satu penyebab mulai menurunnya performa Ronaldo. Mantan pemain Manchester United ini telah menginjak usia 32 tahun dan kecepatannya jelas tak lagi seperti tiga atau empat tahun lalu.

Selama 16 tahun berkarier profesional, fase terkini menjadi yang terendah bagi pemain yang juga dikenal dengan sebutan CR7 ini. Torehan gol Ronaldo dari musim ke musim juga mengalami kemunduran.

2 dari 3 halaman

Produktivitas Gol Menurun

Statistik dalam dua musim terakhir bisa menjadi bukti. Ronaldo mengemas 61 gol pada 2014-2015 di seluruh kompetisi. Angka itu menurun pada musim berikutnya menjadi 51 gol, dan hanya 42 gol pada 2016-2017.

Anjloknya penampilan Ronaldo berdampak pada nasib Real Madrid di Liga Spanyol. Klub ibu kota Spanyol itu menduduki peringkat ketiga dan terpaut delapan poin dari Barcelona, yang memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol dengan 31 poin dari 11 laga.

Mengingat sudah dilampaui delapan poin oleh Barcelona, laga melawan Atletico Madrid setelah jeda internasional jadi pembuktian Ronaldo bersama Los Blancos. Statistik menunjukkan Ronaldo mencetak tujuh gol dalam enam pertemuan kontra Los Cholconeros. 

 

Artikel Selanjutnya
Ronaldo Salip Gol Legenda Timnas Brasil, Ini Kata Pele
Artikel Selanjutnya
Skenario Liar: Ronaldo ke MU dan Messi Gabung Manchester City