Sukses

Menang WO Lawan Kukar, Bhayangkara FC Menuju Juara Liga 1?

Bhayangkara FC mendapatkan tambahan dua poin karena Komdis menghukum Mitra Kukar yang memainkan pemain tidak sah.

Liputan6.com, Jakarta - Bhayangkara FC baru saja mendapat kabar baik soal peluang menjadi juara Liga 1 2017. Itu karena mereka meraih tambahan dua poin setelah PSSI memastikan kemenangan WO (walk out) atas Mitra Kukar.

Sebelumnya, Mitra Kukar dianggap terbukti bermasalah memainkan Mohamed Sissoko pada laga melawan Bhayangkara FC di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, 3 November 2017. Padahal, saat itu Sissoko seharusnya masih absen karena mendapat kartu merah langsung kala melawan Borneo, 23 Oktober 2017.

Faktanya, Sissoko malah hanya absen kala Kukar bertandang ke markas Persib Bandung, 27 Oktober 2017. Dan kala melawan Bhayangkara FC, gelandang asal Mali ini justru dimainkan sebagai starter.

Terkait hal itu, Komdis PSSI akhirnya memastikan bahwa Kukar kalah WO dalam surat nomor 112/L1/SK/KD-PSSI/X/2017 tanggal 5 November tersebut. Keputusan tersebut ditanda-tangani Ketua Komdis PSSI, Asep Edwi Firdaus.

Selain kalah WO atau 0-3, Kukar juga harus menerima denda Rp 100 juta karena terbukti melanggar Pasal 55 Kode Disiplin PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konfirmasi PSSI

Saat Liputan6.com mengkonfirmasi mengenai hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha memastikan bahwa keputusan itu sudah berlaku.

"Ya itu betul. Mereka terbukti melakukan pelanggaran. Kami sebagai PSSI hanya bertugas melindungi aspek intregity dan quality of the game. Suratnya sudah kami kirimkan. Jadi keputusan itu sudah berlaku," kata Tisha saat dihubungi Liputan6.com.

Dalam surat tersebut, Kukar memang berhak mengajukan banding sesuai dengan Pasal 118 Kode Disiplin PSSI. Terlepas dari hal itu, keputusan untuk Kukar jelas sangat menguntungkan Bhayangkara.

3 dari 3 halaman

Menuju Juara

Tim yang dilatih Simon McMenemy itu pun berhak memimpin klasemen Liga 1 2017 karena mendapat tambahan dua poin. Mereka sama-sama mengoleksi 65 poin dengan Bali United FC. Tapi, The Guardian unggul secara head to head.

Dengan hal ini, jalan Bhayangkara menuju tentu semakin terbuka lebar. Pasalnya, mereka masih mengantongi sisa dua pertandingan, termasuk melawan Madura United, Rabu (8/11/2017). Sedangkan Bali United hanya punya sisa satu laga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.