by

Terjang Cina, Qatar Buka Kans

  • Liga Dunia
  • 0
  • 13 Jan 2011 01:11

Striker Qatar Yussef Ahmed melepaskan tembakan voli yang membuka keunggulan 2-0 saat mengatasi perlawanan Cina 2-0 pada partai Grup A Piala Asia di Doha, Qatar. 12 Januari 2011. AFP PHOTO/KARIM JAAFAR

Liputan6.com, Doha: Peluang Qatar melaju ke babak perempat final Piala Asia terbuka. Kesempatan itu didapat usai tuan rumah menjungkalkan Cina 2-0 berkat gol yang diborong striker Yussef Ahmed di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (12/1) malam waktu setempat.

Qatar yang kalah 0-2 ketika berhadapan dengan Uzbekistan di partai pembuka wajib memenangi pertandingan kedua di Grup A jika tidak ingin tersingkir dini. Kesempatan itu tidak disia-siakan anak-anak asuhan pelatih Bruno Metsu. Tekanan dari Qatar membuahkan hasil poin maksimal.

Ahmed membawa Qatar memimpin 1-0 lewat gol cantik sepakan setengah voli dari luar kotak penalti ketika babak pertama bergulir 27 menit. Cina yang dipaksa lebih banyak bertahan juga memiliki sedikitnya dua peluang, tapi bisa digagalkan kiper Qatar Qasem Burhan.

Memasuki stoppage time babak pertama Qatar unggul dua gol. Ahmed menggandakan keunggulan ketika tendangan sambil memutar badan darinya tidak mampu dijangkau kiper Cina Zeng Cheng. Skor 2-0 ini pun menutup paruh pertama.

Di babak kedua tempo permainan menurun dan tidak ada serangan yang menghasilkan gol, baik buat Qatar maupun Cina. Dengan hasil ini Qatar bisa tersenyum. Mereka berhak mendampingi Uzbekistan lolos ke fase knock-out jika mampu mengalahkan Kuwait yang sudah pasti tersingkir di partai pamungkas, Ahad (16/1).

Sementara itu, Cina yang mengumpulkan tiga poin dari kemenangan kontra Kuwait di partai pertama juga wajib menang atas Uzbekistan juga pada 16 Januari. Namun tidak akan mudah. Uzbekistan tidak akan mau melepas seluruh poin demi mendapat predikat juara grup.(DIM)
Comments
Sign in to post a comment