Sukses

Bela Timnas, 3 Bintang AC Milan Ini Terancam Cedera

Liputan6.com, Milan - Dalam sepekan ke depan, AC Milan setidaknya akan ditinggal oleh 12 pemainnya. Mereka meninggalkan I Rossoneri dalam rangka membela negaranya masing-masing.

Ke-12 pemain AC Milan itu adalah Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci, Cristian Zapata, Ricardo Rodriguez, Franck Kessie, Manuel Locatelli, Hakan Calhanoglu, Matteo Gabbia, Suso, Patrick Cutrone, Nikola Kalinic, dan Andre Silva.

Sebagian dari mereka akan menjalani pertandingan persahabatan internasional, dan sebagian lainnya akan ikut bertanding dalam laga hidup mati di babak play-off Piala Dunia 2018.

Berbeda dengan yang hanya bermain di pertandingan persahabatan, mereka yang membela negaranya demi tiket lolos ke Piala Dunia tahun depan tentu akan bermain mati-matian dan total. Hal itu sangat berpotensi membuat mereka dihantam cedera. Pada akhirnya, jika mereka benar-benar cedera, AC Milan yang akan rugi karena kehilangan mereka.

AC Milan sebelumnya sudah kehilangan Andrea Conti karena membela timnas Italia beberapa waktu lalu. Bek kanan yang baru dibeli dari Atalanta itu harus absen enam bulan dan baru bisa kembali merumput setidaknya Januari tahun depan.

Dari 12 pemain itu, setidaknya ada tiga di antaranya yang sangat berpotensi mendapat cedera. Siapa saja mereka? Berikut informasinya.

 

1 dari 4 halaman

1. Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci bersama Gianluigi Donnarumma sudah bergabung dengan skuat Italia sejak Senin (6/11/2017). Mereka tergabung dalam 27 pemain yang dipanggil oleh pelatih Giampiero Ventura.

Namun, keduanya kemungkinan besar tidak akan tampil bareng. Sebab, hanya Bonucci yang akan diturunkan sebagai starter. Adapun Donnarumma masih menjadi kiper nomor dua di Italia. Hanya jika Gianluigi Buffon mendapat masalah dia akan tampil.

Bonucci diperkirakan akan berjuang ekstra keras menjaga dan menahan gempuran pemain Swedia, terutama di leg I yang akan berlangsung Sabtu pekan ini (11/11/2017). Swedia yang akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu, akan memanfaatkan kesempatan bermain di kandang dengan sebaik-baiknya untuk mencetak gol dan memetik kemenangan.

Dalam laga nanti, Ventura kabarnya akan memasang tiga bek dengan formasi 3-5-2. Di lini belakang, Bonucci diperkirakan akan didampingi mantan rekannya di Juventus, Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli.

2 dari 4 halaman

2. Ricardo Rodriguez

Bek sayap kiri AC Milan, Ricardo Rodriguez juga akan melakoni laga play-off bersama timnas Swiss. Swiss akan bertanding melawan Irlandia Utara di Windsor Park, Jumat (10/11/2017). Meski diunggulkan, Swiss tetap tidak bisa memandang remeh Irlandia Utara yang berada satu grup (Grup C Zona Eropa) dengan Jerman di babak kualifikasi. Tim asuhan Michael O’Neill itu terbukti sanggup menyingkirkan Republik Ceko dan Norwegia yang lebih diunggulkan menjadi runner-up.

Bagi Rodriguez, ini merupakan kesempatan emas untuk merasakan bermain di ajang Piala Dunia untuk kedua kali dalam kariernya. Empat tahun lalu, ia hanya tampil empat kali membela Swiss di ajang Piala Dunia 2014 di Brasil. Sebab, Swiss tumbang di babak 16 besar oleh Argentina.

Dengan situasi ini, Rodriguez diyakini bakal tampil habis-habisan. Seperti yang sering dilakukannya selama ini bersama klub, ia akan menjaga pertahanan sekaligus membantu serangan Swiss.

Namun jika tak hati-hati, mantan bek Wolfsburg itu bakal mendapat cedera. Sebab, Irlandia Utara pasti akan memberikan perlawanan yang sengit demi tampil di Piala Dunia tahun depan.

3 dari 4 halaman

3. Nikola Kalinic

Satu pemain lagi yang membuat AC Milan harap-harap cemas adalah Nikola Kalinic. Striker anyar yang dibeli dari Fiorentina itu akan ikut memperkuat timnas Kroasia menghadapi Yunani, Jumat (10/11/2017).

Kalinic dikenal rentan terhadap cedera. Beberapa waktu lalu penyerang 29 tahun itu sudah absen membela AC Milan dalam beberapa pertandingan akibat cedera yang didapat saat bertanding melawan AS Roma.

Kendati demikian, AC Milan tetap tak boleh menahan keinginan Kalinic untuk membela negaranya. Di dua laga terakhir babak play-off dia sudah absen. Karena itu, di laga yang sangat menentukan ini, ia akan berjuang mati-matian untuk meloloskan negaranya, sekaligus agar bisa tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam kariernya.

Kalinic sejauh ini sudah mengoleksi 37 caps bersama timnas Kroasia sejak debut pada 24 Mei 2008. Akan tetapi, ia belum pernah sekali pun tampil di ajang Piala Dunia. Empat tahun lalu di Brasil, Kroasia memang ikut berpartisipasi.

Kroasia tergabung di grup A bersama tuan rumah Brasil, Meksiko, dan Kamerun. Namun, Kalinic tak mendapat kesempatan bermain sekali pun waktu itu. Krosia ketika itu masih mengandalkan Mario Mandzukic, Ivica Olic, dan Eduardo di lini depan. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Eks Bek AC Milan Siap Berkhianat
Artikel Selanjutnya
Bek Anyar Chelsea Masuk Timnas Italia