Sukses

Bobby Nasution, Manajer Sepak Bola hingga Jago Main Basket

Liputan6.com, Jakarta - Muhammad Bobby Afif Nasution resmi menikahi putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, di Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto, Solo, pada Rabu (8/11/2017). Pernikahan Kahiyang dengan pria asal Medan tersebut menarik perhatian publik, termasuk kalangan pencinta sepak bola nasional.

Bobby berasal dari keluarga terpandang di Medan, Sumatera Utara. Pria kelahiran 5 Juli 1991 itu merupakan putra dari mantan Direktur Utama PTPN IV Erwin Nasution (almarhum).

Mengikuti jenjang karier orang tuanya, anak bungsu dari tiga bersaudara tersebut menyelesaikan pendidikan di beberapa kota, mulai dari Pontianak, Bandar Lampung, hingga Bogor.

Dia lulus pendidikan dasar di SD Muhammadiyah 2 Pontianak tahun 2003. Sementara masa SMP dan SMA-nya dihabiskan di Bandar Lampung.

Bobby melanjutkan kuliah di IPB (Institur Pertanian Bogor) dan mengambil program Agribisnis di Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB. Dia lulus pada 2014 dan mulai terjun ke dunia sepak bola dengan menjadi manajer Divisi I.

Di luar sepak bola, adik anggota DPRD Sumatra Utara Inge Amelia Nasution ini akrab dengan dunia basket. Sebab, sejak SMA Bobby terkenal di kalangan guru sebagai siswa yang aktif bermain basket.

Liputan6.com mencoba merangkum keaktifan Bobby Nasution di bidang olahraga. Berikut fakta menarik dari menantu orang nomor satu negeri ini.

 

1 dari 4 halaman

Manajer Klub

Lulus kuliah S1, Boby sempat menggeluti dunia sepak bola pada 2014 dengan menjadi manajer klub sepak bola Medan Jaya. Klub berjuluk Kijang Sumatera tersebut sudah menjadi partisipan sejak era Galatama hingga Divisi Utama Liga Indonesia.

Pada musim 2014 Medan Jaya pernah terdegradasi dari Divisi I Liga Indonesia ke Divisi II. Sementara Bobby baru masuk ke jajaran manajemen pada 2014.

Pada 2017 klub tersebut berganti nama menjadi 757 Kepri Jaya FC seiring pergantian kepemilikan. Dilatih mantan pelatih U-21 Persib, Jaino Matos Kepri Jaya gagal promosi ke Liga 1 musim 2017.

2 dari 4 halaman

Hobi Basket

Wali murid Bobby semasa di SMA N 9 Bandar Lampung mengungkapkan kemampuan siswanya di bidang non-akademik. Yayah Suratiyah, mantan guru Bobby, bercerita bahwa muridnya punya bakat di satu bidang olahraga.

Sebagai siswa dari kelas IPA, nilai akademik Bobby tak terlalu menonjol. Namun, dia dikenal jago bermain basket.

 

3 dari 4 halaman

Pelari

Tentu Bobby bukan atlet pelari profesional. Dia hanya pernah terlibat dalam acara funrun yang diadakan salah satu radio di Jakarta dalam kampanye anti kekerasan.

Fun Running bertajuk HITS WITHOUT VIOLENCE tersebut digelar di Plaza Selatan, Senayan, pada Minggu, 17 Maret 2013. Peserta lari diajak berolahraga dengan berlari kecil sambil mendengarkan instruksi lewat mp3 yang sudah diunduh.

Artikel Selanjutnya
3 Calon Bintang Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF
Artikel Selanjutnya
Rusak Mimpi Indonesia, Thanabalan: Saya Jago Sundulan