Sukses

5 Klub Besar yang Tak Disukai Fans Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap klub besar pasti memiliki saingan, baik untuk menjadi terbaik di kota tertentu, atau antar-negara yang menyebabkan jadi sasaran kebencian. Namun, beberapa klub besar di bawah ini tak disukai kebanyakan fans di dunia karena berbagai faktor.

Sentimen terhadap beberapa klub tentu memang menjadi hal lumrah. Klub Inggris vs Jerman misalnya, dalam sesuatu yang lebih lama, setiap kali ada pertandingan tersebut, bukan tiga poin yang dipertaruhkan, tapi harga diri.

Entah itu karena kecemburuan banyak kesuksesan, kesombongan, hingga kemauan untuk membeli pemain yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Bayern Munchen contohnya.

Klub raksasa Jerman itu dibenci karena acap merusak persaingan di Bundesliga 1. Hal itu karena kebiasaannya mengembosi pemain rival dengan memboyongnya ke markas mereka. Bagaimana dengan Manchester United (MU), Barcelona, atau Real Madrid?

Dimulai dari Bayern, berikut 5 klub besar yang dibenci oleh fans secara universal dikutip Sportskeeda:

 

1 dari 6 halaman

5. Bayern Muenchen

Mungkin hal yang paling menyebalkan tentang Bayern Muenchen adalah apa yang telah dilakukan pada Bundesliga. Setelah dikenal sebagai salah satu liga yang paling kompetitif di Eropa, divisi utama Jerman sekarang selalu diprediksi akan mengeluarkan Bayern sebagai jawara.

Bayern Munchen dianggap kerap menggembosi klub rival dengan merekrut pemainnya. (Odd ANDERSEN / AFP)

Bagaimana bisa sampai pada hal ini bisa terjadi ketika beberapa musim lalu, tim-tim seperti Borussia Dortmund dan Wolfsburg berhasil merebut gelar liga? Uang tentu saja.

Kecenderungan terbesar Bayern adalah dengan hanya mendatangkan pemain terbaik dari rival. Lihat saja, Robert Lewandowski, Mario Gotze dan Mats Hummels dari Dortmund misalnya.

 

 

2 dari 6 halaman

4. Barcelona

Barcelona mungkin menjadi salah satu klub terbesar di planet bumi. Namun meski memiliki jutaan penggemar yang tersebar di seluruh dunia, mereka juga memiliki banyak pembenci.

Kesalahan Barcelona kerap dicari-cari oleh suporter klub rival. (AFP/Josep Lago)

Mengapa? Barcelona dianggap merupakan salah satu klub paling sombong di dunia dan moto terkenal mereka - mes que un club - yang berarti "lebih dari sekedar klub" merangkum prestasi penting mereka yang sangat penting.

Barcelona juga dianggap merupakan tim yang suka drama dan diving. Dua indikator itulah yang sering dicari-cari kesalahannya oleh fans lawan.

 

3 dari 6 halaman

3. Chelsea

Sebelum era Roman Abramovich, penggemar di Inggris telah curiga terhadap Chelsea karena banyaknya bakat asing yang dibawa ke Liga Inggris. Sejak pengambilalihan miliarder Rusia itu pada tahun 2004, mereka telah melesat dan sekarang menantang Manchester United sebagai tim yang paling dibenci Inggris.

 Chelsea dituding sering menelikung pemain incaran klub rival. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

Chelsea cukup banyak melakukan segala sesuatu yang membuatnya dibenci. Contohnya menikung beberapa incaran tim lawan dengan uangnya, seperti Willian dan Mohamed Salah.

Belum lagi indikator menyalahgunakan sistem pinjaman? Mereka saat ini memiliki 33 pemain yang dipinjamkan ke seluruh Eropa.

 

 

4 dari 6 halaman

2. Real Madrid

Tidak ada yang menyukai sebuah tim yang pada dasarnya membeli kesuksesan instan meski punya sejarah panajng di sepak bola. Real Madrid paling dibenci oleh orang netral dan penggemar tim lain.

Kebencian terhadap Real Madrid juga berhubungan dengan diktator Spanyol Jenderal Franco selama tahun 1930-an. Real Madrid selalu menjadi pihak yang mewakili pendirian Spanyol dan jadi alat politik.

 Kebencian terhadap Real Madrid juga berhubungan dengan diktator Spanyol Jenderal Franco selama tahun 1930-an. (AFP/Josep Lago)

Real Madrid pada dasarnya cukup kaya untuk membeli pemain manapun di dunia. Tapi, begitu mereka memiliki pemain incaran, sayangnya tak digunakan semaksimal mungkin.

Bahkan klub raksasa seperti Manchester United, Barcelona dan Juventus telah beberapa pemainnya berhasil disalip oleh Los Blancos, meski biasanya, harganya mahal. Proyek 'Galactico' yang membawa pemain terbaik dunia ke Madrid telah sukses dengan memenangkan tiga dari empat Liga Champions terakhir.

5 dari 6 halaman

1. Manchester United

Tidak ada klub yang paling terkenal di dunia dari Manchester United. Mereka telah menjadi salah satu klub paling kuat di Inggris dan Eropa sejak era Premier League dimulai pada tahun 1992.

Akan tetapi, banyak yang tak suka dengan MU karena dianggap sombong. Saat masa Sir Alex Ferguson, mereka sukses merebut gelar Liga Inggris 12 kali dan membuat iri tim lain.

 MU tidak disukai suporter lawan karena sukses. (AFP/Oli Scarff)

Sejak Ferguson pensiun pada 2013 United kelimpungan dan sampai saat ini belum bisa raih gelar Liga Inggris lagi. Tapi entah bagaimana itu membuat mereka semakin dibenci, terutama karena kini mulai menggunakan kekuatan uang untuk bangun skuat.

(Eka Setiawan)

Artikel Selanjutnya
Pele: Paulinho Bakal Tampil Mengejutkan di Barcelona
Artikel Selanjutnya
5 Pemain Dibenci Fans Tapi Diandalkan Pelatihnya