Sukses

Indonesia Bidik 3 Medali Emas Menembak Asian Games

Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Liputan6.com, Palembang - Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) membidik tiga medali emas dalam Asian Games 2018. Cabang menembak akan berlangsung di kawasan olahraga Jakabaring Palembang, Sumatra Selatan, pada Agustus tahun depan.

"Jika melihat peluang, kami membidik dua nomor baru, yaitu 10 meter air rifle mixed dan 300 meter standard rifle 3 position. Peluang lain pada nomor 10 meter running target putra," kata Komisi Pembinaan dan Prestasi Bidang Target PB Perbakin Sarozawato Zai di Jakarta seperti dinukil dari Antara.

PB Perbakin saat ini masih menjalankan program pelatnas untuk lima atlet pada dua nomor perlombaan, yaitu nomor 10 meter running target putra dan nomor 10 meter air rifle putra. Tak hanya itu, mereka juga akan menambah 11 atlet lain untuk mengikuti program pelatnas melalui surat keputusan pelatnas Asian Games 2016.

Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto mengatakan, cabang menembak menyediakan banyak medali di Asian Games 2018. Sehingga membuka peluang untuk tuan rumah untuk meningkatkan prestasi.

"Selain pada nomor pistol, atlet kita juga punya peluang pada pada nomor shootgun sehingga kami mendukung rencana PB Perbakin untuk fokus pada nomor unggulan. Jika arena menembak di Jakabaring Palembang telah selesai, kami ingin pelatnas menembak segera berlatih di sana agar lebih mengenal lokasi perlombaan dan itulah keuntungan tuan rumah," ujar Eris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Venue

Pembangunan arena menembak di Jakabaring, Palembang, akan selesai pada akhir 2017. Arena itu memiliki tiga lantai dengan luas bangunan dan tanah mencapai 3.250 meter persegi.

Technical delegate dari ISSF (Federasi Olahraga Menembak Internasional) Tan Hock Huat mendukung upaya PB Perbakin agar menggelar kejuaraan internasional berdasarkan undangan pada 2018. Hal ini untuk menguji kelayakan arena menembak di Jakabaring.

3 dari 3 halaman

Uji Coba

PB Perbakin serta INASGOC pekan ini menggelar kejuaran uji coba Asian Games 2018 di Lapangan Tembak Senayan Jakarta dan Lapangan Divisi I Infanteri TNI Angkatan Darat di Cilodong, Depok. Sebanyak 148 atlet dari 21 provinsi mengikuti 17 nomor perlombaan dari 18 nomor perlombaan dalam Asian Games ke-18.

Nomor-nomor perlombaan dalam kejuaraan uji coba Asian Games itu terdiri dari delapan nomor putra, yaitu 10 meter air pistol, 10 meter air rifle, 50 meter standard rifle 3 position, 10 meter running target mixed, 25 meter rapid fire pistol, trap, skeet, dan 300 meter standard rifle 3 position.

Sementara enam nomor putri yaitu 10 meter air pistol, 10 meter air rifle, 25 meter pistol, 50 meter rifle 3 position, trap, dan skeet. Berikutnya, tiga nomor tim campuran yaitu 10 meter air pistol, 10 meter air rifle, dan trap. Satu nomor yang tidak dipertandingkan pada kejuaraan uji coba Asian Games itu adalah 10 meter running target putra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.