Sukses

Marquez: Lebih Baik Jatuh Saat Latihan ketimbang Lomba

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengatakan lebih baik terjatuh saat menjalani latihan ketimbang perlombaan.

Valencia - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengatakan lebih baik terjatuh saat menjalani latihan ketimbang perlombaan. Dia sempat terjatuh di tikungan dua Sirkuit Ricardo Tormo pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Valencia, Jumat (10/11/2017).

"Saya tak suka terjatuh. Namun, lebih baik mengalami kecelakaan saat sesi latihan daripada pada hari perlombaan," ujar Marquez seperti dilansir Crash.

Insiden pada FP2 ternyata tak membuat Marquez khawatir. Padahal, tikungan dua merupakan tempat di mana Valentino Rossi terjatuh pada balapan MotoGP Valencia 2006. Akibat kecelakaan itu, Rossi gagal menjadi juara dunia.

Posisi Rossi saat itu sama seperti Marquez, yaitu sedang unggul atas sang rival menuju balapan penentuan. Menjelang MotoGP Valencia 2006, Rossi memimpin delapan poin di depan Nicky Hayden.

Situasi Marquez lebih menguntungkan daripada Rossi. Selisih poin antara Marquez dan pesaing terdekatnya Andrea Dovizioso sangat jauh, yaitu 21 poin. Marquez hanya butuh finis di posisi ke-11 di Valencia untuk mengunci gelar.

"Saya selalu cepat di tikungan dua. Lagipula saya tak pernah fokus pada kecelakaan. Saya lebih memilih memikirkan pertarungan untuk meraih kemenangan. Tapi memang dalam balapan segalanya bisa terjadi. Semua belum selesai sampai balapan berakhir," kata Marquez seperti dikutip dari Bikesportnews, Sabtu (11/11/2017).

Sepanjang musim ini, Marquez total sudah 26 kali terjatuh. Namun, dari sekian banyak insiden itu hanya dua yang membuat Marquez gagal finis dalam balapan, yaitu di Argentina dan Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.