Sukses

Asian Games: Presiden Sepak Takraw Asia Puji Palembang

Presiden Sepak Takraw Asia, Datuk Abdul Halim puji Jakabaring yang disebutnya sangat layak gelar Asian Games.

Liputan6.com, Palembang - Sebanyak 12 negara dipastikan ambil bagian dalam kejuaraan tes even Sepak Takraw Road To Asian Games 2018 pada 28 November-2 Desember nanti. Bertempat di Gor Ranau Jakabaring Sport City (JSC) Sejauh ini baru terkonfirmasi ada 11 negara yang akan ikut serta.

Negara peserta yang akan bertanding diantaranya Indonesia, Singapura, India, Iran, Jepang, Nepal, Korsel, Tiongkok, China Taipei, Brunei Darusallam, Thailand dan Malaysia.

Presiden Federasi Sepak Takraw Asia, Dato Abdul Halim Bin Kader mengatakan kejuaraan ini sebagai tolok ukur kesiapan Asian Games 2018 mendatang. Menurutnya Jakabaring sudah berpengalaman dalam menggelar even besar.

"Setelah pelaksanaan Sea Games 2011 lalu, Palembang memang layak menjadi tuan rumah, apalagi dengan venue saat ini memang telah berstandar internasional," jelas Dato Halim saat konfrensi pers, Jumat (10/11).

Dia menambahkan, setelah melihat venue sepak takraw di kompleks Jakabaring Sport City, ia merasa takjub, terlebih ia pernah dijanjikan oleh Gubernur Alex Noerdin saat itu bahwa kejuaraan tingkat dunia di Sumsel bisa dilaksanakan dan itu dibuktikan oleh Federasi Sepak Takraw Dunia, yang memilih Sumsel untuk tuan rumah cabang olahraga Asian Games tersebut.

"Saya tegaskan bahwa Sumsel sangat layak menggelar event tingkat dunia, ini juga suatu kebanggaan karena event lebih besar hadir di Jakabaring," pujinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hampir Rampung

Panitia lokal, Islah Taufik mengatakan, pada Asian Games nanti kemungkinan akan dipakai GOR Ranau untuk menghelat pertandingan Sepak Takraw. Saat ini rehab gedung sudah mencapai 97 persen dan tanggal 15 November telah selesai keseluruhan.

"Yang diperbaiki seperti atap, pengecatan ulang dan fasilitas wc, ruang panitia dan lian-lain juga standar internasional, kemudian GOR ini dilindungi peredam, jadi saat hujan maka tidak akan terdengar suara bising," ungkapnya.

Sementara, Ketua Umum PB PSTI, Asnawi Rahman mengakui dalam test event Asian Games ini ada kategori putra dan putri yang akan bertanding. Indonesia sendiri baik test event maupun saat Asian Games ditarget meraih dua emas.

"Sengaja kita hadirkan Presiden Takraw Asia sekaligus Sejken Takraw Dunia untuk mengecek persiapan, ternyata hasilnya positif, kalaupun ada kekurangan masih bisa dimaklumi untuk diselesaikan, kami juga berharap saat test event nanti masyarakat bisa memenuhi GOR untuk mendukung tim Indonesia bertanding," pungkasnya. (Indra Pratesta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.