Sukses

Prediksi PSM Makassar vs Madura United: Kesempatan Tim Tamu

Madura United berupaya mencuri poin di kandang PSM Makassar untuk mempertahankan posisi lima besar klasemen Liga 1 2017.

Liputan6.com, Makassar - Laga panas super menarik akan tersaji pada pekan terakhir Liga 1 2017 saat PSM Makassar menjamu Madura United di Stadion Mattoangin, Minggu (12/10/2017) malam WIB. Ini bisa jadi kesempatan tim tamu yang ingin curi poin penuh agar bisa bertahan di posisi lima besar.

PSM Makassar saat ini tengah sedikit tergoyah kepercayaan dirinya. Ini setelah kandang mereka sudah tak suci lagi usai takluk 0-1 dari Bali United pada pekan lalu.

Penderitaan itu bertambah karena Juku Eja tidak akan didukung oleh suporternya sendiri menyusul sanksi dari PSSI. Namun, PSM tentu tak bisa begitu saja diremehkan.

Meski kandangnya tidak lagi perawan, pasukan Robert rene Alberts ini sudah meraih 14 kemenangan dari 16 kali kesempatan menjamu lawannya. Secara rekor pertemuan, mereka juga tak pernah kalah dari Madura United ketika bertindak sebagai tuan rumah.

Terlebih, mereka punya nama Zulham Zamrun yang belakangan sudah klop dengan gaya main Robert Alberts. Mantan pemain Persib itu terlibat dalam tiga gol dalam lima pertandingan terakhir PSM dengan mengemas satu gol dan dua assist.

"Saya berjanji pertandingan nanti, akan tampil dengan kemampuan terbaik. Kami akan bertanding dengan serius dan semua pemain akan bermain dengan penuh antusiasme," ujar pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts sebelum laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Curi Poin

Sementara itu, Madura United datang dengan misi pertahankan lima besar. Setidaknya mencuri poin di Makassar bisa sedikit mengamankan posisi mereka di zona tersebut.

Apalagi, Madura United musim ini cukup diperhitungkan dalam laga tandang. Dari 16 kesempatan sebelumnya, mereka meraih lima kemenangan, lima imbang, dan enam kali kalah.

Tetapi, permasalahnya kini MU tampil pincang. Tercatat, beberapa pemain kunci mereka akan absen dalam laga nanti, yakni Peter Odemwingie, Fandi Eko Utomo, Rizky Dwi Febrianto, Engelberd Sani, dan Andik Rendika Rama.

Jangan khawatir, masih ada Greg Nwokolo yang bisa diharapkan dalam laga nanti. Pemain naturalisasi asal Nigeria itu terlibat empat gol dalam empat laga terakhir, dengan tiga gol serta satu assist.

"Memang kami datang ke Makassar tanpa skuat lengkap. Tapi, saya akan optimalkan materi yang ada dengan bermain sesuai karakter khas Madura United. Saya masih punya Slamet Nurcahyo, Fachruddin, Fabiano Beltrame, dan Greg Nwokolo untuk mengimbangi agresivitas PSM," papar Pelatih MU, Gomed de Oliveira.

3 dari 3 halaman

Fakta dan Data

Fakta Pertandingan:

- Madura United baru sekali menelan kekalahan dalam 11 pertandingan terakhirnya di Liga 1.

- PSM sendiri sangat agresiv di kandangnya. Dalam 16 kali kesempatan, mereka memasukkan 36 gol alias 2,25 gol per pertandingan.

- Uniknya, kedua tim sama-sama bawa hasil minor jelang laga nanti. PSM takluk dari Bali United, sedangkan Madura United kalah dari Bhayangkara FC.

- Top skorer kedua klub juga tak main. Ferdinand Sinaga yang cetak 12 gol untuk PSM harus absen karena sanksi PSSI, sedang Odemwingie absen lantaran akumulasi kartu merah.

- Secara keseluruhan kedua tim baru delapan kali bersua. Rekornya seimbang, yakni sama-sama raih tiga kemenangan, dua imbang, dan tiga kalah.

Head to Head:

29/07/17 Madura United 1–0 PSM

12/11/16 PSM 1–0 Madura United

20/07/16 Madura United 4–1 PSM

04/09/15 PSM 2–0 Madura United

24/03/10 Madura United 3–1 PSM

Lima Pertandingan Terakhir PSM:

29/10/17 Barito Putera 2–2 PSM

24/10/17 PSM 3–1 Persiba Balikpapan

19/10/17 Bhayangkara 0–2 PSM

15/10/17 PSM 2–1 Persib

08/10/17 Borneo 3–2 PSM

Lima Pertandingan Terakhir Madura United:

05/11/17 Madura United 3–1 Barito Putera

29/10/17 Persiba Balikpapan 3–4 Madura United

19/10/17 Persib 0–0 Madura United

13/10/17 Madura United 1–1 Borneo

06/10/17 Semen Padang 0–0 Madura United

Prakiraan Susunan Pemain:

PSM (4-2-3-1): Rivky Movkodompit; Zulkifli Syukur, Steven Paule, Hamka Hamzah, Wasyiat; Syamsul Chaeruddin, Marc Klok, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun, M Rahmat, Pavel Purishkin.

Madura United (4-4-2): Herpras; Sugiarto, Fachruddin Aryadi, Fabiano Beltrame, Rendi, Saldi, Eriyanto, Bayu Gatra, Slamet Nurcahyo; Greg Nwokolo, Thiago Furtuoso.

(Eka Setiawan)

-

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.