Sukses

Lorenzo Sebenarnya Tidak Berniat Bantu Dovizioso

Pebalap Ducati Jorge Lorenzo sebenarnya tidak berniat membantu Andrea Dovizioso pada balapan MotoGP Valencia.

Valencia - Pebalap Ducati Jorge Lorenzo sebenarnya tidak berniat membantu Andrea Dovizioso pada balapan MotoGP Valencia pada Minggu (12/11/2017). Namun, ada pengecualian yang dibuat Lorenzo.

Lorenzo baru akan mengulurkan tangan jika rival Dovizioso dalam perebutan titel MotoGP 2017, Marc Marquez (Repsol Honda), melakukan kesalahan atau ketiban sial. Apabila situasi itu tak terjadi, Lorenzo akan membalap secara normal.

"Tentu Anda bisa melakukan sesuatu (team order), tapi strategi itu tak sesuai dengan mentalitas saya. Menurut saya ini bukan momen yang tepat untuk melakukannya. Saya ingin bermain dengan cara yang benar," kata Lorenzo seperti dikutip dari Crash, Minggu (12/11/2017).

Marquez akan memulai balapan MotoGP Valencia dari pole position. Sementara itu, Dovizioso akan start dari baris keempat di posisi kesembilan.

"Untuk membantu Dovizioso, pertama-tama saya tentu harus ada di depan. Dovi juga harus ada di depan, tak diikuti banyak pebalap, dan berpeluang menang. Jika pada momen itu Marquez membuat kesalahan atau mengalami masalah teknis dan saya melihat pesan dari tim, maka saya akan mencoba membantu Dovi," ujar Lorenzo, yang start dari grid keempat.

Peluang Dovizioso merebut gelar juara dunia musim ini sangat tipis karena masih defisit 21 poin dari Marquez. Dia tak punya pilihan lain di Valencia untuk menjaga kans merebut titel kecuali menang dan berharap Marquez finis di luar posisi 11 besar.

"Dovi sangat sulit menjadi juara dunia. Dia tentu harus menang dan Marc mesti finis di posisi ke-12 atau lebih buruk. Skenario itu sulit terjadi. Peluang Marc mengalami kerusakan mesin atau terjatuh justru lebih besar. Kans Dovi memang sangat kecil, tapi di MotoGP harapan itu selalu ada," kata Jorge Lorenzo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.