Sukses

Agresivitas Swedia Bikin Ciut Timnas Italia

Liputan6.com, Roma - Jelang leg kedua Timnas Italia melawan Swedia di Stadion San Siro, Senin (13/11/2017) atau Selasa dini hari WIB, pada babak play off Piala Dunia 2018, Marco Tardelli menyebut mental Timnas Italia lemah.

Legenda Italia itu kecewa dengan permainan Italia pada leg pertama play off Piala Dunia 2018 di kandang Swedia, 11 Oktober lalu. Dalam laga tersebut, Timnas Italia kalah 0-1.

"Sungguh menggelikan mengatakan bahwa Italia takut melawan agresivitas pemain Swedia. Padahal, mereka punya Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini dan Daniele De Rossi, pemain yang ditakuti karena mereka petarung," kata Tardelli, dikutip dari Goal.

Pada pertemuan pertama, Swedia berhasil menghentikan permainan Italia. Setidaknya, ada 11 tekel yang menghentikan arah serangan tim besutan Gian Piero Ventura.

"Saya melihat tim ini lambat, mudah terbaca dan mudah dilewati. Kenyataannya, Swedia bermain dengan determinasi dan rapi, yang mana ini kebalikan dari penampilan Timnas Italia," ujarnya.

1 dari 3 halaman

Pemain Italia Cengeng

Melihat hasil dari penampilan leg pertama, Tardelli pesimistis, timnas Italia bisa membalikkan keadaan. Gli Azzurri, sebutan Italia, harus menang 2-0 untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

"Italia bermain jauh di bawah level yang diperlukan untuk pulang dari Swedia membawa hasil bagus," ujar pria berusia 63 tahun tersebut.

Tardelli melanjutkan, Timnas Italia terlihat sebagai tim yang mudah menangis. Mereka sering meminta pelanggaran dari wasit saat melawan Swedia di putaran pertama.

"Komplain kepada wasit merupakan perbuatan bodoh. Sebab, ini adalah pertarungan untuk ke Piala Dunia, bukan sebuah ajang amal," kata Tardelli.

2 dari 3 halaman

Sejarah Italia di Piala Dunia

Gli Azzurri tercatat sudah 18 kali tampil di Piala Dunia. Pertama kali mereka tampil di ajang empat tahunan sepak bola ini pada 1934.

Timnas Italia sendiri sudah menjadi juara Piala Dunia sebanyak empat kali, yakni pada 1934, 1938, 1982, dan 2006.

Bila gagal lolos ke Piala Dunia 2018, Italia akan mengukir sejarah buruk 60 tahun silam. Mereka tidak tampil di putaran final Piala Dunia 1958.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 1958, Italia tergabung di Grup 8 bersama Irlandia Utara dan Portugal. Setelah melewati empat pertandingan, Italia hanya meraih empat poin, hasil dua menang dan dua kalah. Sekadar informasi, saat itu kemenangan masih dihargai dua poin, belum tiga angka seperti saat ini.

Simak video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Italia Tekuk Israel, Buffon Balas Kritik Suporter
Artikel Selanjutnya
Timnas Italia Pakai Formasi Ofensif Gempur Israel