Sukses

Sambut Asian Games 2018, Palembang Kebut Renovasi

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Asian Games 2018, membuat Indonesia harus merenovasi sejumlah fasilitas olahraga. Tak hanya Ibukota yang menyelenggarakan event terbesar itu, namun Palembang menjadi kota kedua yang bakal menyelenggarakan multievent olahraga di benua Asia itu.

Salah satu infrastuktur yang tengah direnovasi adalah Stadion Gelora Sriwijaya. Stadion yang merupakan kandang dari Sriwijaya FC ini, sudah dimulai renovasinya. Bahkan, Laskar Wong Kito sudah tidak berlatih di stadion tersebut.

Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumatra Selatan, Basyarudin Akhmad mengatakan proses renovasi cukup memakan waktu. Tetapi, pihaknya menargetkan selesai November mendatang.

Nantiinya bagian dinding yang sebelum sudah dilakukan pengecatan kembali dikerjakan lebih meluas ke tribun utara dan selatan. Sementara di tribun utama dan barat atas sudah dilakukan penyetelan kursi.

"Meski dilakukan renovasi, tidak akan mengubah bentuk aslinya. Memang ada beberapa ruangan dalam tribun yang dibesarkan dan penambahan kursi," ujar Basyarudin Akhmad Seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (20/9/2017).

Menurutnya, paling banyak melakukan perubahan adalah bagian lapangan karena kita akan ganti dengan rumput jenis Zoysia Matrella.

“Memang sudah selayaknya diperbarui. Terutama rumput yang kualitasnya sudah tidak layak lagi,” imbuh Basyarudin.

Soal alasan dipilihnya rumput jenis Zoysia Matrella, lantaran rumput asal Manila, Filipina, itu memang paling direkomendasikan dan banyak dipakai stadion ternama di dunia. Sebelumnya, rumput jenis tersebut digunakan pula oleh Stadion Gelora Bung Karno.

Nantinya, sebanyak 39 cabang olahraga (cabor) dipertandinkan dan Palembang sebagai kota kedua kebagian menyelenggarakan 10 cabor meliputi Sepakbola Wanita, Basket, Tenis, Voli Pantai, Kano/Kayak, Dayung, Menembak, Triiathlon, Sepak Takraw dan Panjat Tebing.

Sementara itu, untuk menunjang transportasi pesta olah raga negara-negara Asia tahun depan pemerintah menargetkan proyek pembangunan Light Rail Transit di Palembang selesai pada akhir tahun ini.

Moda transportasi massa itu, dapat beroperasi bertepatan dengan gelaran Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan tahun depan.

Pembangunan fisik proyek yang mulai dikerjakan sejak desember 2016 lalu itu telah ‎mencapai lebih dari 50 persen. Dari total panjang jalur LRT yang mencapai 24 kilometer hampir setiap jalur telah tersambung.

 

 

(*)