Sukses

Play-off Piala Dunia: Pelatih Kroasia Apresiasi Pendahulu

Liputan6.com, Piraeus - Pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic, menyebut peran Ante Cacic terhadap keberhasilan lolos Piala Dunia 2018. Dia menilai Kroasia tidak akan berpartisipasi pada turnamen di Rusia tanpanya.

Cacic diberhentikan jelang play-off karena performa buruk pada laga terakhir putaran Grup I. Kekalahan dari Turki dan hasil imbang melawan Finlandia membuat Kroasia gagal mengamankan posisi juara grup, sekaligus tiket otomatis ke Piala Dunia.

Dipasangkan dengan Yunani pada play-off, Kroasia kemudian mengamankan kemenangan agregat 4-1 setelah hasil 0-0 di Karaiskakis Stadium, Minggu (12/11/2017) atau Senin (13/11/2017) dini hari WIB.

"Saya tidak perlu bekerja banyak. Kinerja kami di kualifikasi sangat ditentukan pelatih sebelumnya," kata Dalic, dilansir Cyprus Mail.

"Tim ini punya banyak pemain berkualitas. Gagal lolos Piala Dunia bukanlah pilihan," sambungnya.

1 dari 3 halaman

Rapor Kroasia

Partisipasi di Rusia, tahun depan, merupakan penampilan kelima Kroasia di Piala Dunia. Capaian terbaik mereka terjadi pada debut sebagai negara merdeka.

Gelandang Kroasia, Luka Modric. (AP/Darko Bandic)

Kroasia mampu menembus semifinal dan akhirnya merebut tempat tiga. Namun, setelah itu pecahan Yugoslavia tersebut selalu gagal lolos ke putaran gugur.

2 dari 3 halaman

Bermaterikan Bintang

Kroasia merupakan salah satu tim dengan kekuatan merata. Kekuatan utama terletak di lini tengah dengan kehadiran Luka Modric, Ivan Rakitic, dan Ivan Perisic.

Sedangkan di depan ada Mario Mandzukic dan Nikola Kalinic.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: