Sukses

Setelah Nyaris 60 Tahun, Italia Absen di Pentas Piala Dunia

Italia mencetak rekor kelam sepanjang masa.

Jakarta - Timnas Italia membuat catatan buruk setelah bermain 0-0 melawan Swedia pada laga leg kedua play-off Piala Dunia 2018, di San Siro, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB. Hasil itu membuat Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 dan mencoreng catatan yang bertahan selama 59 tahun lamanya. 

Baca Juga

  • Ditahan Swedia, Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018
  • Joachim Low: Piala Dunia Tanpa Timnas Italia Seperti Bencana
  • Del Piero Berharap Conte Kembali Tangani Timnas Italia

Timnas Italia kalah agregat 0-1 dari Swedia. Pada pertandingan leg pertama di Friends Arena, Gianluigi Buffon dan kawan-kawan takluk karena gol "semata wayang" Jakob Johansson.

Pada laga leg kedua di Milan, Italia langsung menggempur pertahanan Swedia sejak menit-menit awal. Namun, beberapa peluang tuan rumah gagal dikonversi menjadi gol hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. 

Ini adalah kali pertama Italia absen di ajang Piala Dunia setelah mereka gagal lolos pada turnamen tahun 1958. Menariknya, kala itu, Piala Dunia digelar di Swedia. 

Selepas Piala Dunia 1958 Swedia, timnas Italia selalu tampil di turnamen empat tahunan tersebut. Bahkan pada 1982 dan 2006, Italia mampu keluar sebagai kampiun. Total sepanjang sejarah, Gli Azzurri--julukan timnas Italia--mengemas empat trofi Piala Dunia. Dua gelar lainnya diraih 1934 dan 1938.

Sumber: NBC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.