Sukses

FIFA Diminta Larang Pemain Kolombia Tampil di Piala Dunia

Jakarta - FIFA diminta memberikan larangan kepada pemain Kolombia, Edwin Cardona, untuk tampil pada Piala Dunia 2018. Hal tersebut dikarenakan sikap rasialisme yang ia tunjukkan ketika Kolombia berhadapan dengan Korea Selatan.

Edwin Cardona membuat gestur yang konfrontatif dalam laga Kolombia melawan Korea Selatan. Ia menarik wajahnya sehingga menyipitkan matanya sebagai bentuk penghinaan kepada para pemain Korea Selatan.

Sikap tersebut mendapat protes dari Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA). Mereka menuntut agar Cardona mendapat tindakan tegas.

“Kami telah mengambil langkah sesuai prosedur untuk melaporkan sikap yang tidak menunjukkan rasa hormat dari pemain Kolombia. Kami telah melayangkan protes kepada Federasi Sepak Bola Kolombia untuk mendisiplinkan pemainnya,” ungkap perwakilan KFA.

Mantan anggota tim legal Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), James Kitching, turut menyatakan pendapat mengenai insiden Edwin Cardona. Menurut Kitching yang mengacu ke statuta FIFA, Cardona pantas diganjar sanksi paling sedikit lima pertandingan, larangan masuk ke stadion dan denda sebesar 20.000 Swiss Franc (Rp 272,49 juta).

Sikap diskriminatif yang ditunjukkan Cardona patut mendapat tindakan tegas sebagai upaya untuk menendang rasialisme dari sepak bola. FIFA sebagai lembaga tertinggi sepak bola dunia wajib untuk tidak memberikan toleransi kepada aksi tersebut di lapangan hijau.

https://www.vidio.com/watch/1175495-raja-assist-bundesliga-sejauh-ini-max-pemegang-mahkota

1 dari 2 halaman

Permintaan Maaf Cordona

Protes keras yang dilakukan KFA mendapat respons dari Federasi Sepak Bola Kolombia. Melalui akun resmi federasi, mereka menunjukkan video permintaan maaf dari Cordona.

“Saya tidak bermaksud untuk menunjukkan sikap tidak hormat kepada negara atau ras mana pun. Namun, jika ada yang merasa marah dengan sikap yang saya tunjukkan, saya memohon untuk dimaafkan. Saya bukanlah pemain yang agresif. Saya meminta maaf jika ada yang menyalahartikan gestur yang saya buat,” ucap Cardona.

Meskipun sudah meminta maaf, KFA masih menunggu sikap tegas yang akan diberikan Federasi Sepak Bola Kolombia kepada pemain yang membela Boca Juniors tersebut.

Sumber: Fox Sports