Sukses

Tangisan Buffon Iringi Kegagalan Timnas Italia ke Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta Kepedihan dirasakan penjaga gawang Timnas Italia, Gianlugi Buffon. Kiper yang hampir berusia 40 tahun itu sampai menitikkan air mata usai negaranya gagal ke Piala Dunia 2018. 

Italia batal melaju ke Rusia setelah ditahan imbang Swedia 0-0 di leg kedua babak playoff yang berlangsung di San Siro, Selasa dinihari WIB (14/11/2017). Gli Azzurri akhirnya harus mengubur impiannya setelah dipaksa Swedia menyerah dengan skor 0-1 pada leg pertama. 

Bagi Buffon yang memiliki caps terbanyak di timnas Italia, kegagalan ini bak musibah. Sebab, kesempatannya untuk menutup karier di timnas lewat trofi Piala Dunia, melayang. 

"Saya mohon maaf, pertandingan terakhirku bersama timnas Italia justru gagal merebut Piala Dunia," kata Gianluigi Buffon usai kekalahan Timnas Italia atas Swedia usai laga. 

Setelah pertandingan, Buffon pun mengumumkan keputusannya penisun. Dia memutuskan gantung sarung tangan dari timnas Italia, setelah mengoleksi 175 caps.

"Saya sedih bukan kepadaku, tapi kepada seluruh sepak bola Italia. Kami gagal di salah satu hal yang juga sangat penting bagi kehidupan sosial kami," ujar Gianluigi Buffon.

"Kami tahu, itu akan jadi pertandingan yang sulit. Kami kesulitan dalam menyerang dan tidak mampu mencetak gol. Ketika semua hal tidak berjalan baik, maka ada sesuatu yang salah yang Anda lakukan," kata Buffon. 

 

 

1 dari 3 halaman

Sebut Sejumlah Nama

Buffon pertama kali memperkuat timnas Italia 29 Oktober 1997 di bawah pelatih Cesare Maldini. Saat itu, Buffon baru berusia 19 tahun sembilan bulan. Dia menggantikan Gianluca Pagliuca pada leg pertama babak playoff Piala Dunia 1998 melawan Rusia di Moskow.

Sejauh ini, Buffon telah memperkuat Timnas Italia sebanyak 175 kali. Ini rekor caps terbanyak di Gli Azzurri. Dan menurut Buffon, sudah waktunya mencari penggantinya. 

"Kami punya (Gianluigi) Donnarumma, (Mattia) Perin, dan kiper-kiper fantastis lainnya. Maafkan kalau laga terakhir saya bersama timnas justru gagal menembus Piala Dunia."

 

2 dari 3 halaman

Tidak Hanya Buffon

Sementara itu, tidak hanya Buffon yang memutuskan pensiun usai gagal membawa Italia ke Piala Dunia 2018. Sejumlah pemain timnas Italia lainnya juga melakukan hal yang sama. 

Salah satunya Daniele De Rossi. Gelandang andalan Timnas Italia ini juga memilih gantung sepatu setelah gagal membawa negaranya ke Piala Dunia 2018. Ingin tahu siapa lagi yang memilih pensiun akibat kegagalan ini? Lihat berita lengkapnya pada tautan ini.